UMKM Awards 2024, Ratusan Produk UMKM Dlakukan Kurasi

Senin 20-05-2024,21:22 WIB
Reporter : Abdul Aziz
Editor : Andi Suhandi

TANGERANGEKSPRES.ID - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kota Tangerang tengah melakukan tahapan kurasi 105 produk UMKM Kota Tangerang yang diikut sertakan dalam  gelaran UMKM Awards 2024.

 

Plt Kepala Bidang UMKM Disperindagkop UKM Kota Tangerang, Shandy Sulaeman mengatakan, gelaran UMKM Awards 2024 saat ini tengah memasuki tahapan kurasi produk UMKM. Pasalnya, sebanyak 105 produk yang dikurasi merupakan produk-produk yang lolos tahap administrasi.  

 

"Dari hasil kurasi, kita akan mengambil masing-masing 10 produk terbaik dari tiga kategori, yaitu fesyen, kuliner dan kerajinan," kata Sandy.

 

Dikatakan, pada tahap kurasi ini, pihaknya melibatkan tim penilai dari Yayasan Inovasi dan Teknologi Indonesia. Kemudian 30 produk terpilih tersebut akan mengikuti Upscalling Capacity Camp, pengembangan produk. "Pemenang nanti diumumkan pada bulan Agustus,” sebutnya.

 

Sandy menjelaskan, UMKM Awards merupakan program dua tahunan Pemkot Tangerang. Pasalnya, kegiatan ini ditujukan untuk mengembangkan dan meningkatkan produk pelaku UMKM di Kota Tangerang agar naik kelas. Selain pengembangan produk, dalam ajang ini para UMKM dapat memperluas jejaring dalam memasarkan produk dagangannya.

 

Dia menyebut, nantinya para pemenang pun akan dilakukan pembinaan dan difasilitasi pengembangan dalam perluasan jejaring usaha, terlebih jejaring di luar Kota Tangerang.

 

Dia berharap, bagi pelaku UMKM yang produknya belum pernah ikut atau tidak lolos dalam UMKM Awards 2024, tetap optimis dan lebih semangat dalam mengembangkan usahanya. Baik dari sektor kualitas produk, branding, kemasan atau pun pemasarannya. Dia pun mendorong pelaku UMKM dapat memanfaatkan seluruh fasilitas yang diberikan Pemkot Tangerang dalam proses pengembangan usahanya.

 

“Mari kita sama-sama majukan UMKM Kota Tangerang dikancah bisnis luar Kota Tangerang bahkan internasional,” tutupnya.(*)

Kategori :