Polres Tangerang Selatan Bangun 16 Posko Ramadan, Apa Tujuannya?

Rabu 20-03-2024,10:55 WIB
Reporter : Tri Budi Sulaksono
Editor : Endang Sahroni

TANGERANGEKSPRES.ID - Biasanya saat bulan ramadan banyak terjadi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. Baik itu pencurian, tawuran warga dan lainnya kerap kali terjadi.

Tidak mau kecolongan, untuk mengantisipasi terjadinya gangguan saat pelaksanaan ramadan Polres Tangsel bergerak cepat dengan mengambil langkah-langkah. Salah satunya dengan mendirikan 16 titik posko.

Kapolres Kota Tangsel AKBP Ibnu Bagus Santoso mengatakan, pada bulan ramadan tahun ini pihaknya mendirikan 16 titik posko yang tersebar di wilayah hukumnya. 

"Jadi di tiap posko ada anggota yang stanby. Ini untuk antisipasi atau mencegah terjadinya tindak kriminal selama ramadan," ujarnya kepada wartawan, Selasa (19/3/2024).

Ibnu menambahkan, selain ada petugas yang berjaga pihaknya juga melaksanakan patroli rutin yang dilakukan oleh polsek jajaran. Patroli dilakukan teritama pada jam-jam rawan dan terutama pada saat saur.

Sementara itu, dalam rangka terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif pada bulan suci ramadan, pihaknya juga memberikan beberapa imbauan dan larangan kegiatan selama bulan ramadan.

"Saya mengimbau masyarakat agar menjaga kamtibmas di wilayah hukum Polres Tangsel agar selama bulan ramadan dapat beribadah dengan aman dan nyaman," jelasnya.

Menurutnya, setidaknya ada 3 larangan dan 1 imbauan yang diberikan kepada masyarakat agar pelaksanaan ibadah puas berjalan dengan aman dan nyaman.

Pertama adalah dilarang melaksanakan saur on the road (SOTR) atau konvoi kendaraan bermotor. "Hal ini lantaran SOTR dapat mengganggu lalu lintas, meningkatkan risiko kecelakaan, serta mengganggu ketertiban dan keamanan jalan raya," tuturnya.

Ibnu menjelaskan, larangan berikutnya adalah tidak menyalakan petasan kembang. Pasalnya, petasan kembang api akan membahayakan diri sendiri dan orang lain serta akan menimbulkan suara gaduh yang menggangu ketertiban umum. 

"Kemudian tidak mengganggu kekhusyukan ibadah. Memastikan lingkungan sekitar tempat ibadah tetap tenang dan tidak terganggu oleh kebisingan atau ketidak nyamanan," jelasnya.

Ia berharap, masyarakat juga meningkatkan keamanan dan kewaspadaan selama bulan ramadan.

"Pastikan rumah dalam keadaan terkunci dan aman pada saat ditinggalkan. Untuk toko dipastikan dalam keadaan terkunci dan terpasang CCTV yang baik, serta tingkatkan kewaspadaan terhadap segala bentuk kejahatan," tuturnya. 

Pantauan Tangerang Ekspres di lapangan, salah satu posko yang didirikan Polres Tangsel berada di Kawasan Alun-Alun Pamulang. Tempat ini setiap sore sampai tengah malam selalu ramai dikunjungi masyarakat yang membawa anak-anaknya untuk bermain dan lainnya. (*)

 

Kategori :

Terpopuler