Golkar Kota Tangerang Menjadi Juara, Rebut 9 Kursi

Kamis 07-03-2024,01:45 WIB
Reporter : Rudi Susanto
Editor : Endang Sahroni

KOTA TANGERANG — Dalam tiga pemilu terakhir, Pemilu 2009, 2014 dan 2019, perolehan kursi partai Golkar di DPRD Kota Tangerang, tak beranjak di 6 kursi. Peringkat tertinggi di nomor dua. Lompatan besar terjadi di Pemilu 2024.

Di bawah kendali Ketua DPD Golkar Kota Tangerang Sachrudin, sukses melesat dua tingkat dengan menambah 3 kursi. Pada Pemilu 2019, Golkar berada di urutan ketiga dengan mengemas 115.259 suara dan 6 kursi. Kini, melompat tinggi menjadi juara dengan mendulang 175.053 suara dan memperoleh 9 kursi.

Perolehan suara Golkar Kota Tangerang ini, sekaligus menggusur PDIP yang pada dua pemilu sebelumnya, Pemilu 2014 dan 2019, menjadi pemenang. Pada Pemilu 2024 ini, PDIP meraup 7 kursi, turun 3 kursi dibanding Pemilu 2019. PDIP yang mendulang 144.107 suara, berada di urutan kedua.

Pun dengan Partai Gerindra yang harus kehilangan dua kursi, dari  8 kursi pada Pemilu 2019, menjadi 6 kursi di Pemilu 2024 dan harus puas berada di peringkat tiga.

Ketua DPD Golkar Kota Tangerang Sachrudin mensyukuri hasil pencapaian gemilang pemilu kali ini. Ia menegaskan, bertambahnya suara Golkar dan kursi di DPRD, menandakan Golkar diterima di tengah masyarakat.

"Sejak awal saya instruksikan kepada seluruh kader, dan relawan, untuk merebut hati rakyat. Sosialisasikan program partai dengan baik. Kampanye dengan gembira, senyum, pokoknya dengan happy. Alhamdulillah hasilnya baik," ujarnya.

Sementara Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD Golkar Kota Tangerang Ahmad Kosasih menegaskan, dengan kemenangan ini semakin menambah semangat dan kepercayaan diri Golkar untuk mengusung Sachrudin menjadi Wali Kota Tangerang.

"Ini hasil luar biasa. Kita naik 50 persen dibanding Pemuli 2019. Tentu, ini menjadi penyemangat semua kader untuk menyongsong Pilkada Serentak dengan menyukseskan Sachrudin menjadi wali kota," ujarnya.

Perolehan suara Golkar sebanyak 175.053 sudah diplenokan KPU Kota Tangerang. Kosasih mengatakan, perolehan 9 kursi di DPRD Kota Tangerang, bisa dikatakan sudah valid dan menjadi hasil akhir. "Kita tinggal menunggu penetapan KPU saja. Soal angka-angka sudah final," tegasnya. 

Yang mengejutkan, selain Golkar, pada Pemilu 2024 ini adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Partai baru ini sukses mendongkrak suara dan merebut 4 kursi di DPRD Kota Tangerang. Padahal, pada Pemiliu 2019, PSI hanya meraih sebiji kursi di DPRD. 

Ketua DPD PSI Kota Tangerang Theresia Megawati mengatakan, menegaskan tidak ada penggelembungan perolehan suara PSI dalam pemilu 2024. Wanita yang akrab disapa Mega tersebut menyebut jika tingginya perolehan suara PSI bukan karena peran Presiden Jokowi.

“Untuk di Kota Tangerang tidak ada penggelembungan suara. Suara tersebut adalah murni suara rakyat,” ujarnya di sela rekapitulasi hasil perolehan suara di Hotel Day and Suite, Kota Tangerang, Rabu (6/3).

Mega mengatakan, dalam pileg 2024, partai besutan Kaesang Pangarep ini mendapat empat kursi DPRD di Kota Tangerang dan dua kursi untuk DPRD Provinsi Banten. Untuk perolehan suara PSI di Kota Tangerang berasal dari Dapil 1,3,4,5.

Mega mengakui, pihaknya belum mengetahui secara detail jumlah perolehan suara PSI di Kota Tangerang. Terlebih saat ini proses penetapan hasil rekapitulasi perolehan suara sedang berlangsung.

Kategori :