Dorong Pelaku IKM dan UMKM Ekspor, Disperindag Gelar Talk Show

Rabu 21-02-2024,11:28 WIB
Reporter : Asep Sunaryo
Editor : Sutanto

TANGERANGEKSPRES.ID - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tangerang menggelar talk show bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan industri kecil menengah (IKM).

Kegiatan digelar di Gerai Tangerang Gemilang (GTG), Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang. Talk show digelar dalam rangka Gebyar Gerai Tangerang Gemilang, Rabu (21/2/2024).

 

Kepala Disperindag Kabupaten Tangerang Resmiyati Marningsih mengatakan, peserta talk show berasal dari siswa SMK, mahasiswa, serta pelaku UMKM dan IKM. Ada tiga narasumber yang didatangkan, yakni dari akademisi, pelaku ekspor, dan pakar branding media sosial.

 

"Pasar ekspor ini masih sangat luas untuk digali oleh pelaku usaha. Ada tiga yang mesti diperhatikan, yakni branding produk, pemasaran di media sosial dan administrasi apa saja yang mesti ada dalam proses ekspor," ujarnya kepada Tangerang Ekspres.

 

Resmiyati memaparkan, pangsa ekspor IKM dan UMKM sudah merebah di berbagai negara. Mulai dari kawasan Asia hingga Eropa. Ia menuturkan, produk alas kaki hingga rajungan sudah diekspor oleh UMKM asal Kabupaten Tangerang.

 

"Seperti sepatu, rajungan, itu sudah ekspor, banyak di kita yang sudah ke pasar luar negeri. Senin besok, kita akan melepas ekspor sepatu Tangerang Pride merk Dork ke Afrika," katanya.

 

Ia berharap, dengan talk show bisa memacu semangat pelaku usaha mengikuti jejak ekspor. "Anak muda itu kreatif membuat konten di media sosial. Nah itu, salah satu unggulan agar bisa ikut memasarkan produk di luar negeri. Harapan kita akan banyak lagi pelaku usaha yang ekspor juga dari Kabupaten Tangerang," tuturnya. (*)

Kategori :

Terpopuler