SDN Kampung Melayu I Belajar Praktik untuk Memperdalam Pelajaran
PELAJARAN PRAKTIK: Siswa SDN Kampung Melayu I, saat mengikuti pelajaran praktik di lingkungan sekolah.(Randy/Tangerang Ekspres)--
TANGERANGEKSPRES.ID, TELUKNAGA — Siswa SDN Kampung Melayu I melaksanakan kegiatan belajar praktik sebagai salah satu bentuk penerapan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) di lingkungan sekolah. Kegiatan tersebut bertujuan agar siswa tidak hanya memahami materi secara teori, tetapi juga mampu menerapkannya secara langsung dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan belajar praktik dilakukan di berbagai mata pelajaran. Pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), siswa diajak melakukan percobaan sederhana, seperti mengamati pertumbuhan tanaman dan mengenal bagian-bagian tumbuhan. Sementara itu, pada pelajaran Matematika, siswa belajar menghitung dan mengukur benda di sekitar kelas. Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, siswa mempraktikkan keterampilan berbicara melalui kegiatan presentasi dan diskusi kelompok.
Kepala SDN Kampung Melayu I Yulianti mengatakan, guru kelas menjelaskan bahwa pembelajaran praktik membuat siswa lebih aktif dan antusias. Siswa tidak hanya mendengarkan penjelasan guru, tetapi juga terlibat langsung dalam proses belajar. Melalui kegiatan ini, siswa dilatih untuk berpikir kritis, bekerja sama, dan menyampaikan pendapat dengan percaya diri.bahwa pembelajaran praktik merupakan bagian penting dari Pembelajaran Mendalam.
“Pembelajaran mendalam menekankan pada pemahaman konsep secara menyeluruh, bukan sekadar menghafal. Dengan belajar praktik, siswa dapat memahami materi dengan lebih baik karena mereka mengalami sendiri proses belajarnya,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Jumat (12/12).
Yulianti menambahkan, sekolah terus mendorong guru untuk menghadirkan pembelajaran yang bermakna. Guru kelas menjelaskan bahwa pembelajaran praktik membuat siswa lebih aktif dan antusias. Siswa tidak hanya mendengarkan penjelasan guru, tetapi juga terlibat langsung dalam proses belajar. Melalui kegiatan ini, siswa dilatih untuk berpikir kritis, bekerja sama, dan menyampaikan pendapat dengan percaya diri.
“Kami mengajak guru untuk merancang pembelajaran yang kontekstual dan menyenangkan. Anak-anak belajar melalui pengalaman langsung sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat bertahan lebih lama,” paparnya.
Ia menjelaskan, bahwa pembelajaran praktik membantu mengembangkan karakter siswa. Selain itu, siswa juga bisa lebih mudah dalam mendapatkan pendidikan yang lebih praktis dan mendalam.
“Melalui kegiatan praktik, siswa belajar disiplin, tanggung jawab, dan kerja sama. Nilai-nilai ini sangat penting untuk membentuk karakter anak sejak usia dini,” katanya. (ran)
Sumber:

