770 Calon Jamaah Haji Berangkat

770 Calon Jamaah Haji Berangkat

TANGERANG – Sebanyak 385 calon jamaah haji asal Kota Tangerang yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) sembilan diberangkatkan Kementerian Agama Kota Tangerang.

Pelepasan yang secara resmi dilakukan Wakil Walikota Tangerang Sachrudin dan Kepala Kementerian Agama Kota Tangerang, Dedi Mahfudin, Kamis (18/7).

Dedi mengatakan, hingga saat ini sudah dua kloter calon haji asal Kota Tangerang yang telah dilepas menuju embarkasih Jakarta melalui Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Dengan kata lain sudah 770 calon jamaah yang telah dilepas.

Kloter sebelumnya diberangkatkan pada Rabu (17/7) dengan jumlah 385 calon jamaah haji. Dedi mengatakan, dari setiap kloter yang dilepas terdapat tambahan sebanyak lima orang petugas kloter yang terdiri dari ketua kloter, pembimbing haji kloter dan dokter kesehatan kloter. “Insya Allah semua yang diberangkatkan dalam keadaan sehat wal afiat,” ujarnya ketika ditemui Tangerang Ekspres.

Penerimaan kloter dua dimajukan jadwal penerimaannya di asrama haji Pondok Gede. Dimana dari yang semula pukul 21.00 WIB menjadi pukul 18.00 WIB. Ia mengimbau, sesampainya di Pondok Gede, calon jamaah haji dapat bersabar karena saat ini sedang dilakulan pemeriksaan sidik jari dan pemotretan. Tujuannya agar sesampainya di Bandara Internasional Saudi Arabia tidak lagi melakukan pemeriksaan keimigrasian oleh petugas imigrasi Saudi Arabia. “Setibanya di Arab Saudi mereka langsung masuk hotel,” tambahnya.

Lebih lanjut ia meminta calon jamaah haji berasabar, sebab berdasarkan informasi yang diterimanya suhu panas di Arab Saudi saat hari wukuf di Padang Arafah mencapai 52 derajat celcius. Agar tidak mengganggu aktivitas, pihaknya mengharapkan agar calon jamaah dapat menjaga pola makan, aktivitas dan istirahat.

Data yang diperoleh, dari tujuh kloter yang terdapat di Kementerian Agama Kota Tangerang terdapat empat kloter diantaranya memiliki jumlah jamaah terisi penuh sebanyak 385 orang. Sedangkan tiga kloter sisanya hanya terisi jamaah kurang dari 385 jamaah. Adapun kloter yang jumlah jamaahnya dibawah 385 orang berasal dari kloter 44, 52 dan 17. Ketiga kloter tersebut digabung dengan jamaah asal se provinsi Banten.

Terpisah Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin mengharapkan agar jamaah fokus selama melakukan ibadah haji. “Saya harap selama jamaah di sana jaga kesehatannya, karena ibadah haji adalah ibadah fisik,” ujarnya. (mg-6)

Sumber: