Ganjil Genap Batal

Ganjil Genap Batal

TANGERANG - Rencana ujicoba ganjil genap di Gerbang Tol (GT) Karawaci 2 dan Karawaci 4 ditangguhkan. Sebelumnya, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berencana melakukan ujicoba ganjil genap pada dua gerbang tol tersebut, Senin (7/5) ini.

Kepala BPTJ, Bambang Prihartono menjelaskan, penangguhan ini dilakukan karena BPTJ masih fokus untuk mengurai kemacetan yang terjadi di ruas tol Tangerang-Jakarta serta membenahi sirkulasi lalu lintas di persimpangan Tomang. Saat ini, BPTJ tengah menyelesaikan analisis dan perhitungan pengaturan waktu lampu lalu lintas di persimpangan Tomang.

"Dari perhitungan dan analisis yang dilakukan, misalnya akan dilihat kemungkinan untuk menambah waktu nyala lampu hijau di pintu keluar tol dari arah Tangerang ke Jakarta yang ada di persimpangan Tomang, sehingga akan semakin mengurangi antrean kendaraan yang masih terjadi," ujar Bambang.

Kendati demikian, Bambang menerangkan BPTJ masih harus melihat dampak pengaturan lampu lalu lintas di persimpangan Tomang terhadap keseluruhan pengaturan lalu lintas di semua jalan yang terhubung dengan persimpangan tersebut. "Hasil perhitungan dan analisis nantinya akan dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta," imbuhnya.

Sebelumnya, BPTJ yang telah menerapkan kebijakan ganjil genap untuk menangani kemacetan di ruas tol Tangerang-Jakarta sejak 16 April lalu dinilai membuahkan dampak positif. "Data Jasa Marga menyebutkan panjang antrean kendaraan berkurang dari semula 18 km menjadi 8 km. Selain itu, terdapat penurunan volume kendaraan di Gerbang Tol Kunciran 2 dan Tangerang 2 sebesar 24,9 % serta peningkatan kecepatan rata-rata di ruas Tangerang-Jakarta sebesar 24,9 %, yang semula 22 km/jam menjadi 27,6 km/jam," ungkap Bambang.

Sementara itu, meski diputuskan untuk ditangguhkan, pada dasarnya pengaturan kendaraan pribadi dengan skema ganjil genap di Pintu Tol Karawaci ini termasuk dalam bagian rencana paket kebijakan penanganan kemacetan di ruas tol Tangerang- Jakarta. Termasuk mengantisipasi pengaturan lalu lintas jelang Asian Games 2018. "Dengan keputusan penangguhan ini, untuk sementara pada pintu tol Karawaci arah Jakarta tidak diberlakukan kebijakan pengaturan kendaraan pribadi dengan skema ganjil genap," tandasnya.

Dengan demikian, apabila situasi sudah kondusif, bukan tidak mungkin kebijakan ganjil genap akan diberlakukan di Pintu Tol Karawaci ini.

Kepala Dishub Kota Tangerang, Saeful Rohman mengatakan pihaknya akan terus menginformasikan dan menyosialisasikan peraturan ganjil genap di GT Tangerang 2 dan Kunciran 2 kepada masyarakat. "Kewenangan dan kebijakan ada di BPTJ dan Dishub Kota Tangerang siap membantu teknis di lapangan. Kita akan koordinasi dengan BPTJ untuk pemasangan spanduk atau rambu terkait kebijakan ganjil genap," pungkasnya.(mg-05)

Sumber: