Guru Harus Jadi Teladan Siswa

GURU: Guru harus bisa memberikan cerminan yang baik kepada siswa agar para siswa bisa mengikuti apa yang dilakukan oleh para guru.(Randy/Tangerang Ekspres)--
TANGERANG — Peran guru sebagai pendidik adalah menanamkan moral dan ilmu pengetahuan kepada siswa. Salah satu bentuk pendidikan moral yang diterapkan guru-guru Indonesia adalah menanamkan nilai Pancasila. Nilai Pancasila diterapkan pada setiap aspek kehidupan agar bangsa Indonesia memiliki kualitas sumber daya manusia yang unggul dan bermoral.
Guru sebagai pendidik sekaligus pencetak generasi bangsa, tentu punya peran besar dalam menanamkan nilai Pancasila. Peran Guru dalam menanamkan nilai Pancasila bisa dilakukan dengan beberapa cara. Nilai Pancasila bisa ditanamkan dengan menyampaikan pengetahuan tentang Pancasila itu sendiri, mencontohkan sikap baik, hingga menjalin kerja sama dengan orang tua.
Kepala SDN IV Cikupa Heru Santoso mengatakan, melalui penanaman nilai-nilai Pancasila, peserta didik diharapkan dapat tumbuh sebagai manusia yang berintegritas, bertanggung jawab, baik dalam berperilaku, dan cinta tanah air. Nilai Pancasila bisa ditanamkan dengan menyampaikan pengetahuan tentang Pancasila itu sendiri, mencontohkan sikap baik, hingga menjalin kerja sama dengan orang tua.
”Guru sebagai tenaga pendidik tidak hanya berperan sebagai pengajar akademik saja. Guru juga punya peran penting dalam mengajarkan pendidikan moral seperti nilai Pancasila,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Sabtu 6 September 2025.
Heru menambahkan, menanamkan nilai-nilai Pancasila adalah upaya penting dan mendasar yang harus diterapkan oleh guru. Nilai-nilai Pancasila yang diajarkan guru berkaitan dengan kemanusiaan, kesatuan dan persatuan, serta pentingnya bersikap adil. Namun bagaimana cara guru menanamkan nilai-nilai Pancasila tersebut.
”Ada beberapa hal yang dapat diterapkan guru dalam menanamkan nilai Pancasila kepada peserta didik, peran guru dalam menanamkan nilai Pancasila yang pertama adalah menyampaikan pengetahuan dasar. Ada banyak pengetahuan dasar terkait Pancasila yang perlu dipahami peserta didik sebelum bisa mengamalkan nilai-nilainya,” paparnya.
Ia menjelaskan, guru juga berperan sebagai role model atau teladan yang baik bagi siswa saat menanamkan nilai Pancasila. Setiap perilaku dan tindakan guru dapat dicontoh oleh peserta didik. Oleh karena itu, dalam menanamkan nilai Pancasila, guru harus menunjukkan sikap dan perilaku yang menjunjung tinggi Pancasila.
”Selain itu, guru dituntut untuk tidak terlibat pelanggaran nilai maupun norma. Ini dilakukan agar siswa senantiasa mencontoh perilaku baik. Artinya, guru harus benar bisa menerapkan sikap yang teladan agar siswa bisa mengikutinya dengan baik dan sesuai dengan rule yang ada,” tutupnya.(ran)
Sumber: