Guru Harus Jadi Teladan Siswa

Guru Harus Jadi Teladan Siswa

GURU: Guru harus bisa memberikan cerminan yang baik kepada siswa agar para siswa bisa mengikuti apa yang dilakukan oleh para guru.(Randy/Tangerang Ekspres)--

TANGERANG — Peran guru se­bagai pendidik adalah mena­nam­kan moral dan ilmu pengetahuan kepada siswa. Salah satu bentuk pendidikan moral yang diterapkan guru-guru Indonesia adalah me­nanamkan nilai Pancasila. Nilai Pancasila diterapkan pada setiap aspek kehidupan agar bangsa Indonesia memiliki kualitas sum­ber daya manusia yang unggul dan bermoral.

Guru sebagai pendidik sekaligus pencetak generasi bangsa, tentu punya peran besar dalam mena­namkan nilai Pancasila. Peran Guru dalam menanamkan nilai Pancasila bisa dilakukan dengan beberapa cara. Nilai Pancasila bisa ditanamkan dengan menyam­paikan pengetahuan tentang Pan­casila itu sendiri, mencon­tohkan sikap baik, hingga menjalin kerja sama dengan orang tua.

Kepala SDN IV Cikupa Heru Santoso mengatakan, melalui penanaman nilai-nilai Pancasila, peserta didik diharapkan dapat tumbuh sebagai manusia yang berintegritas, bertanggung jawab, baik dalam berperilaku, dan cinta tanah air. Nilai Pancasila bisa ditanamkan dengan menyampai­kan pengetahuan tentang Pan­casila itu sendiri, mencontohkan sikap baik, hingga menjalin kerja sama dengan orang tua.

”Guru sebagai tenaga pendidik tidak hanya berperan sebagai pengajar akademik saja. Guru juga punya peran penting dalam mengajarkan pendidikan moral seperti nilai Pancasila,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Sabtu 6 September 2025.

Heru menambahkan, menanam­kan nilai-nilai Pancasila adalah upaya penting dan mendasar yang harus diterapkan oleh guru. Nilai-nilai Pancasila yang diajar­kan guru berkaitan dengan kema­nusiaan, kesatuan dan persatuan, serta pentingnya bersikap adil. Namun bagaimana cara guru menanamkan nilai-nilai Pancasila tersebut.

”Ada beberapa hal yang dapat diterapkan guru dalam mena­namkan nilai Pancasila kepada peserta didik, peran guru dalam menanamkan nilai Pancasila yang pertama adalah menyampaikan pengetahuan dasar. Ada banyak pe­nge­tahuan dasar terkait Pan­casila yang perlu dipahami peserta didik sebelum bisa meng­amalkan nilai-nilainya,” paparnya.

Ia menjelaskan, guru juga ber­peran sebagai role model atau teladan yang baik bagi siswa saat menanamkan nilai Pancasila. Setiap perilaku dan tindakan guru dapat dicontoh oleh peserta didik. Oleh karena itu, dalam mena­namkan nilai Pancasila, guru harus menunjukkan sikap dan perilaku yang menjunjung tinggi Pancasila.

”Selain itu, guru dituntut untuk tidak terlibat pelanggaran nilai maupun norma. Ini dilakukan agar siswa senantiasa mencontoh peri­laku baik. Artinya, guru harus benar bisa menerapkan sikap yang tela­dan agar siswa bisa meng­ikutinya dengan baik dan sesuai dengan rule yang ada,” tutupnya.(ran)

Sumber: