DPRD Banten Akui Kepengurusan PWI Pusat Hasil Kongres Bandung

DPRD Banten Akui Kepengurusan PWI Pusat Hasil Kongres Bandung

--

SERANG,TANGERANGEKSPRES,ID - Ketua DPRD Banten Fahmi Hakim menegaskan dukungannya terhadap pelaksanaan Konferensi Luar Biasa (KLB) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten.

Diketahui, KLB itu akan dilakukan pasca PWI Pusat membekukan kepengurusan PWI Banten periode 2024-2029. KLB nanti akan digelar oleh pelaksana tugas PWI Banten pada awal tahun 2025 nanti.

Fahmi Hakim mengatakan, DPRD Banten mengakui kepengurusan PWI Pusat hasil Kongres PWI di Bandung tanggal 27 September 2023 lalu yang dinahkodai oleh Hendry Ch Bangun.

“Berdasarkan undang-undang DPRD adalah lembaga konstitusi, dan kita pun menerima konstitusi yang sah. Maka kita pun mengakui kepengurusan PWI Banten yang saat ini pelaksana tugasnya diketuai oleh pa Junaedi,” kata Fahmi Hakim saat menerima audensi dengan pelaksana pengurus PWI Banten, Senin 23 September 2024.

Politisi Golkar ini pun mendukung pelaksana tugas PWI Banten untuk melaksanakan KLB guna menetapkan pengurus definitif PWI Banten.

Menurutnya, PWI memiliki peran yang strategis sebagai wadah atau organisasi pers yang merupakan pilar ke tiga demokrasi ini. Yang mana, pers berperan dalam mengawal pembangunan khususnya di Provinsi Banten.

“Mari bersama-sama benahi dan lakukan penguatan internal organisasi, juga sarana prasarananya. Kalau sudah selesai, kepengurusannya sudah rapih, kita berharap langkah selanjutnya adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Kita berharap teman-teman pers dapat menjalankan perannya dengan baik sesuai amanat undang-undang,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mensupport PWI dalam pembenahan sarana dan prasarana, dalam hal ini kantor PWI Banten. Ia ingin PWI mempunyai kantor di lingkungan Kantor Pusat Pemerintahan Provonsi Banten (KP3B).

“Saya berharap dan keingginan kantor nya di KP3B, agar konsolidasi dan  pembenahan organisasi dapat kita lakukan guna menyelaraskan pembangunan di Banten ini,” tegasnya.

Dewan Penasehat PWI Banten Masudi mengatakan, pihaknya akan melakukan penataan kelembagaan dan keanggotaan kepengurusan PWI Banten pasca adanya surat pembekuan dari PWI Pusat.

“Kami menyambut baik dukungan dari ketua DPRD Banten akan agenda kami untuk melakukan penataan ini, sebab dimasa kerja yang cukup singkat ini, Plt pengurus PWI Banten membutuhkan dukungan dari semua pihak agar agenda penataan dan pembenahan ini dapat berjalan dengan sukses,” pungkasnya.(*)

Sumber: