Kader Posyandu Harus Terapkan 6 SPM

Kader Posyandu Harus Terapkan 6 SPM

Ketua Pembina Posyandu Kota Tangsel Tini Indrayanthi Benyamin Davnie (tengah) memberikan sambutan saat memberikan sambutan pertemuan koordinasi dan sosialisasi posyandu di Aula Lengkong Balai Kota. -Tri Budi-

TANGERANGEKSPRES.ID - Dinas Kesehatan Kota Tangsel berharap kader posyandu dapat mampu menerapkan 6 standar pelayanan minimal (6 SPM) untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar berharap, kader posyandu bisa menerapkan 6 SPM dan tidak lagi menangani masalah kesehatan saja.

 

"6 SPM ini adalah di bidang pendidikan, sosial, kesehatan, trantibum linmas, perumahan rakyat dan pekerjaan umum," ujarnya saat memberikan sambutan pertemuan koordinasi dan sosialisasi posyandu tingkat Kota Tangsel di Aula Lengkong Balai Kota, Kamis (12/9/2024).

 

Allin menambahkan, kader posyandu sebagai mitra pemerintah secara relawan tentu perlu dioptimalkan pelatihan-pelatihan untuk mendorong 6 SPM untuk mewujudkan kesejahteraan.

 

Menurutnya, kehadiran kader posyandu itu benar-benar dibutuhkan masyarakat untuk penanganan masalah data yang diperlukan pemerintah juga melakukan kesehatan, seperti penimbangan bayi maupun pemeriksaan tensi darah.

 

"Kita minta kader posyandu ini bukan hanya penanganan saja kesehatan namun, harus mampu memfasilitasi 6 SPM," tuturnya.

 

Allin mengaku, kader posyandu sudah mendapat pembekalan 25 kompetensi dasar kader. Ada yang purna, madya dan utama tapi, semua kader sudah mengikuti dan itu untuk meningkatkan dan mengukur  kemampuan diri sendiri.

 

Sumber: