Diduga Tercemar Limbah, Ribuan Ikan Sungai di Lebak Mati Mendadak

Diduga Tercemar Limbah, Ribuan Ikan Sungai di Lebak Mati Mendadak

Ikan sungai dengan berbagai jenis mati mendadak, diduga akibat aliran sungai tercemar limbah.-A Fadilah tangerangekspres-

TANGERANGEKSPRES.ID - Masyarakat Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak digegerkan dengan peristiwa ribuan ikan terdampar dan mati mendadak di sekitar aliran sungai Ciujung, Selasa (3/9/2024) sore.

 

Warga menduga, matinya ribuan jenis ikan sungai tersebuat akibat tercemar limbah. Padahal, aliran sungai yang kerap dijadikan warga untuk mencuci itu, kini kondisinya mengkhawatirkan. Selain berwarna abu-abu pekat juga menimbulkan bau tidak sedap serta berbusa. 

 

Emus, Warga Cileles mengatakan, bahwa kejadian ini sudah lama terjadi sejak beroperasinya pabrik kanebo yang berada di Desa Cileles. 

 

"Sudah lama sih, semenjak ada itu aja berdirinya pabrik kanebo ada, sudah dua kali kejadian," kata Emus, kepada Wartawan, Rabu (4/9/2024).

 

Kata Emus, banyak warga diberbagai kampung terganggu dengan tercemarnya sungai yang menjadi sumber kehidupan sehari-hari. 

 

"Terganggu, sangat terganggu mandi pun kesini, bahkan aliran sungai ini banyak yang disedot ke rumah pake mesin. Kira-kira jam 5 , kita liat ikan-ikan pada mabok dan mati," ujarnya.

 

Ganda, warga Cileles lainnya mengaku, takut dan khawatir berdampak pada kesehatan masyarakat yang biasa menggunakan aliran sungai untuk keperluan rumah, akibat air yang telah tercemar limbah tersebut.

 

Sumber: