Dewan Minta Pendapatan Daerah Digenjot

Dewan Minta Pendapatan Daerah Digenjot

Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Tangerang, Saeroji.-Abdul Azis/tangerangekspres.id-

TANGERANGEKSPRES.ID - Fraksi PKS DPRD Kota Tangerang menyoroti menurunnya pendapatan daerah Kota Tangerang. pendapatan daerah menjadi Rp4,81 triliun yang semula sebesar Rp4,87 triliun. Artinya, pendapatan daerah berukurang sebesar Rp 58,72 miliar.

 

Ketua Fraksi PKS, Saeroji mengatakan,  semula Pemkot Tangerang menganggarkan belanja daerah sebesar Rp 5,38 triliun menjadi Rp 5,30 triliun 

 

"Artinya belanja daerah berkurang sebesar Rp80,5 miliar," ungkap Saroji.

 

Dengan demikian, terdapat defisit sebesar Rp488,36 miliar yang ditutup dari pembiayaan netto sebesar Rp488,36 miliar yang berasal dari sisa lebih pembiayaan anggaran (SILPA) tahun anggaran 2023.

 

Saeroji mendorong  organisasi perangkat daerah (OPD) terkait terus menggenjot melakukan optimalisasi penerimaan daerah melalui penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah di sisa waktu yang ada saat ini.

 

"Lakukan optimalisasi pendapatan daerah melalui penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah. Dengan sisa waktu yang ada diharapkan Pemkot bisa memaksimalkan upaya ini," ujarnya 

 

Selain itu, tambah Saeroji, Pemkot Tangerang juga dapat menggali sumber-sumber pendapatan baru dari sektor yang belum tergarap. Pasalnya, pemerintah harus berupaya untuk menggali sumber pendapatan secara luas sehingga pendapatan daerah dapat terkumpul secara maksimal. Namun demikian, dalam menggali pendapatan daerah diharapkan tidak membebani perekonomian masyarakat.

 

Sumber: