5 Calon TKI asal Tangerang Kena Tipu

5 Calon TKI asal Tangerang Kena Tipu

Sejumlah Calon Tenaga Kerja Indonesia kena tipu oleh calo yang menawarkan mempekerjakan mereka ke Kuwait. - Dokumentasi FPMI Banten-

TANGERANGEKSPRES.ID - Sebanyak 5 Calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) kena tipu. Uang senilai puluhan juta rupiahpun raib. Sebelumbya para calon tenaga kerja dijanjikan bekerja sebagai cleaning service di salah satu rumah sakit di Kuwait.

 

Para Calon TKI asal Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tangerang, Banten itupun tergiur dengan iming-iming gaji tinggi mencapai 13 juta rupiah sebulan.

 

Penawaran tersebut datang dari pria berinisial N asal Kecamatam Kronjo, kabupaten Tangerang. N menawarkan ada peluang kerja sebagai cleaning service di Kuwait.

 

Setelah itu, salah seorang Calon TKI Komarudin bersama keempat temannya mendaftarkan diri untuk menjadi Calon Tenaga Kerja Indonesia ke Kuwait. Mereka pun didampingi pria berinisial N mengikuti Medical Check Up (MCU) di Jakarta, Februari 2024.

 

"Stelah MCU, kami dibuatkan paspor daerah Depok, Jawa barat. Oleh N kami diminta membayar biaya proses sebesar 25 juta rupiah dan ada yang baru membayar 17 juta rupiah," tutur Komarudin, melalui keterangan yang diterima Tangerang Ekspres, Selasa (20/8/2024).

 

Namun sejak Februari sampai Agustus 2024 ini, mereka sebagai Calon TKI belum juga dipekerjakan, seperti yang dijanjikan sebagai cleaning service di sebuah rumah sakit di Kuwait.

 

Upaya Komarudin dan teman-teman meminta pertanggung jawabanpun tak membuahkan hasil. N belum beritikad baik untuk bertanggung jawab dengan mengembalikan uang yang sudah diterimanya.

 

Sumber: