Stakeholder Budaya Sepakat Bawa Bambu ke UCCN

Stakeholder Budaya Sepakat Bawa Bambu ke UCCN

DOK. Stakeholder bambu rapat di Bappeda Kabupaten Tangerang persiapan berkas ke UCCN, Senin (12/8/2024).-BAPPEDA FOR TANGERANG EKSPRES-

TANGERANGEKSPRES.ID -- Stakeholder pengrajin hingga seni pertunjukan di Kabupaten Tangerang menyepakati bambu sebagai budaya ke UNESCO.

 

Kepala Bidang (Kabid) Penelitian dan Pengembangan Daerah (Litbangda) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tangerang Upit Kurniasih mengatakan, ada 8 stakeholder yang menyepakati untuk mengajukan bambu ke UNESCO Creative City Network (UCCN).

 

"Bambu secara nilai memenuhi 17 poin dalam Sustainable Development Goals (SDGs atau Global Goals). Karena itu kita sepakat dari pemerintah, pengrajin, media dan akademisi untuk maju di UCCN," jelasnya kepada Tangerang Ekspres, Senin tanggal 12 Agustus 2024.

 

Ia mengatakan, pertemuan dengan seluruh subsektor bambu dari pengrajin hingga seni pertunjukan untuk menindaklanjuti Kabupaten Tangerang ditetapkan sebagai kota kreatif. Adapun, stakeholder terkait diantaranya, perwakilan pemerintah (Bappeda), Perwakilan Bisnis atau industri (PHRI), perwakilan akademisi (UMN), perwakilan komunitas subsektor 1 (Subsektor Kria), perwakilan komunitas subsektor 2 (subsektor kuliner), perwakilan komunitas subsektor 3 (subsektor seni pertunjukan), perwakilan komunitas subsektor 4 (subsektor musik) dan perwakilan media.

 

"Kita bersaing dengan 75 kabupaten dan kota lainnya. Pertemuan sekarang juga dalam rangka menyusun berkas dan persiapan lainnya untuk ke UCCN," jelasnya.(*)

 

 

 

Sumber: