Capaian Imunisasi Polio Lebihi Target

Capaian Imunisasi Polio Lebihi Target

Petugas kesehatan dari Puskesmas Ciater meneteskan vaksin polio kepada anak di restoran siap saji di kawasan Jalan Ciater Serpong.-Tri Budi/Tangerang Ekspres-

TANGERANGEKSPRES.ID - Sejak 23 Juli lalu Dinas Kesehatan Kota Tangsel melaksanakan imunisasi polio. Pelaksanaan tersebut dalam mendukung Pekan Imunisasi Nasional Polio (PIN Polio) 2024.

Di Kota Tangsel setidaknya ada 156.904 anak yang menjadi sasaran dalam PIN Polio yang rencananya akan dilaksanakan hingga 17 Agustus mendatang. Namun, dua minggu pelaksanaannyavcapaian imunisasi sudah lebih dari 100 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar mengatakan, pihaknya terus mengebut pelaksanaa imunisasi polio yang ada di wilayahnya.

"Sasaran Pusdatin kita ada 156.904 tapi, hingga 5 Agustus 2024 sudah mencapai 169.258 atau 107,9 persen dari target," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Selasa (6/8/2024).

Allin menambahkan, capaian tersebut lebih cepat tercapai lantaran pihaknya melalukan berbagai langkah. Seperti, membuka Pos PIN, sosialisasi. Termasuk pada hari Sabtu dan Minggu juga dibuka sentra vaksin di mal di wilayah Kota Tangsel.

"Setelah ini kita akan menyisir kembali bila ada anak yang belum dapat vaksinasi di wilayah kerja puskesmas. Selanjutnya melakukan evaluasi pelaksanaan PIN polio putaran 1 dan persiapan pelaksanaan PIN polio putaran 2 yang akan dimulai 12 Agustus mendatang," tambahnya.

Menurutnya, sasaran yang diberikan imunisasi polio pada kegiatan PIN tersebut adalah anak usia 0-7 tahun. Jumlah sasaran di Kota Tangsel ada 156.904 anak. Dinas Kesehatan melalui UPTD Puskesmas, melaksanakan pemberian imunisasi polio  di 779 PAUD dan TK, 448 SD atau MI.

Selain di Sekolah, pelayanan PIN Polio akan dilaksanakan di 35 UPTD Puskesmas se-Kota Tangsel, 849 Posyandu, 21 Rumah Sakit dan 163 pos imunisasi lainnya. "Total keseluruhan Pos Pelayanan PIN Polio di Kota Tangsel ada 2.295," tutupnya. (*)

Sumber: