Tim Monev Kecamatan Rajeg Keliling Desa

 Tim Monev Kecamatan Rajeg Keliling Desa

Kepala Seksi Pembinaan dan Pengawasan Desa Kecamatan Rajeg Ahmad Yoni dan jajarannya saat monev di salah satu desa di kecamatan setempat-Dokumentasi Seksi Binwasdes Kecamatan Rajeg-


TANGERANGEKSPRES.ID - Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, Banten, melaksanakan kegiatan Monev kinerja dan administrasi desa.

Hal ini terkait program bidang penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat desa dan pembinaan kemasyarakatan desa, yang dilaksanakan pemerintah desa di wilayah kerja kecamatan setempat.

Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan dan Pengawasan Desa (Binwasdes) Kecamatan Rajeg Ahmad Yoni menjelaskan, sudah menjadwalkan pelaksanakan monitoring dan evaluasi di 12 desa di Kecamatan Rajeg.

Dikatakan Ahmad Yoni, kegiatan monitoring dan evaluasi merupakan salah satu bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi kecamatan, dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa, agar sesuai ketentuan peraturan perundangan yang berlaku.

Tujuan pelaksanaan monitoring dan evaluasi kepada masing-masing desa, lanjutnya, terkait pelaksanaan pembangunan di desa yang menggunakan antara lain Dana Desa (DDS) dan Alokasi Dana Desa (ADD), agar sesuai dengan dokumen perencanaan mulai dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) sekaligus sesuai pelaporan serta pertanggungjawaban keuangan, sesuai dengan ketentuan tentang pengelolaan keuangan desa.

Dituturkannya, rangkaian kegiatan monitoring dan evaluasi desa dilaksanakan mulai pekan lalu sampai pekan depan. Total, terdapat 12 desa yang dilakukan Monev, yaitu Desa Jambu Karya, Daon, Ranca Bango, Rajeg Mulya, Rajeg, Sukamanah, Pangarengan, Tanjakan, Tanjakan Mekar, Sukasari, Mekar Sari dan Lembang Sari.

Ahmad Yoni berpesan kepada 12 kepala desa yang ada diwilayah Kecamatan Rajeg, agar mengelola APBDesa dengan baik, tepat sasaran dan dapat melayani serta memberdayakan masyarakat, supaya dapat meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi warga. (*)

Sumber: