DPKD Bakal Upayakan Tenaga Perpustakaan Dapat Honor

DPKD Bakal Upayakan Tenaga Perpustakaan Dapat Honor

Kepala DPKD Kabupaten Serang Aber Nurhadi.-Agung Gumelar/tangerangekspres-

TANGERANGEKSPRES.ID - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Serang, bakal mengupayakan tenaga perpustakaan bisa mendapatkan honor setiap bulannya.

 

Hal itu dilakukan, supaya tenaga perpustakaan bisa lebih semangat dalam memelihara ataupun menjaga koleksi buku perpustakaan, agar tetap bisa digunakan sebagaimana mestinya.

 

Kepala DPKD Kabupaten Serang Aber Nurhadi mengatakan, di Perbup APBDes ada ketentuan bahwa tenaga perpustakaan bisa diberikan honor, yang berasal dari APBDes perbulannya, adapun besarannya ada yang Rp400 ribu untuk aparat desa, dan Rp1 juta untuk diluar aparat desa.

 

Sehingga, tenaga perpustakaan ini perlu diberikan insentif sebagai rangsangan, supaya mereka semakin semangat mengembangkan perpustakaan.

 

"Kalau desa belum mampu mengeluarkan APBDes untuk menggaji tenaga perpustakaan kami maklumi, karena mungkin kebutuhan desa juga masih banyak. Namun, kami tetap berupaya supaya ada honor, dan akan berkoordinasi dengan DPRD Kabupaten Serang, serta ke Bupati Serang semoga ada respon baik karena ini untuk kesejahteraan," katanya, Jumat 14 Juni 2024.

 

Aber mengatakan, Kabupaten Serang memiliki 197 perpustakaan desa, 740 perpustakaan SD dan 162 perpustakaan SMP, masing-masingnya dijaga oleh satu maupun dua tenaga perpustakaan.

 

Namun, mereka yang bertugas di perpustakaan itu masih merangkap sebagai guru maupun aparat desa.

 

Sumber: