Puluhan Dokter Hewan Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Puluhan Dokter Hewan Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Dokter hewan dari DKP Kota Tangerang tengah melakukan pemeriksaan hewan kurban di salah satu lapak.-Abdul Azis/tangerangekspres.id-

TANGERANGEKSPRES.ID - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang, Banten, melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha di sejumlah lapak di wilayah Kota Tangerang.

 

Kepala DKP Kota Tangerang Muhdorun mengatakan, pihaknya melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang ada di lapak-lapak. Hal itu ditandai dengan stiker Pemkot Tangerang, sebagai tanda dokter hewan DKP Kota Tangerang telah melakukan pemeriksaan ke lokasi lapak. Mulai dari memastikan seluruh hewan yang diperjualbelikan sehat secara individu maupun kelompok.

 

"Lapak yang sudah kita datangi memiliki surat-surat yang lengkap, surat pernyataan kesehatan yang legal, hewan yang cukup umur dan sesuai dengan syariat Islam. Tak kalah penting, dalam pemeriksaan ialah memastikan pakan dan minum yang tersedia dengan baik di setiap lapak," kata Muhdorun, Jumat (7/6/2024).

 

Dikatakan, lapak  dengan stiker Pemkot Tangerang dipastikan menjual hewan kurban  bebas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), bebas penyakit antraks atau pun Lumpy Skin Disease (LSD).

 

“Sejauh ini, sudah 80 persen lapak hewan kurban di Kota Tangerang dilakukan pemeriksaan oleh dokter hewan profesional. Ini masih akan terus dimasifkan hingga hari akhir,” ujarnya .

 

Kepala Bidang Pertanian DKP Kota Tangerang, Ibnu Ariefyanto menambahkan, pihaknya menerjunkan 38 dokter hewan ke 251 lapak di 13 kecamatan. 

 

"Kami menerjunkan 8 dokter hewan DKP Kota Tangerang dan 30 dokter hewan perbantuan. Tim yang melakukan pemeriksaan secara teknis memastikan seluruh hewan yang diperjualbelikan sehat secara individu maupun kelompok. Memiliki surat-surat yang lengkap, surat pernyataan kesehatan yang legal, dan hewan yang cukup umur," tambah Ibnu 

 

Sumber: