Dewan Pers Gelar Workshop Peliputan Pilkada 2024

 Dewan Pers Gelar Workshop Peliputan Pilkada 2024

Anggota Dewan Pers Atmaji Sapto Anggoro memberikan sambutan pembukaan workshop peliputan pemilu/ pilkada, di Ibis Hotel Style, BSD City, Selasa (28/5/2024).-Endang Sahroni/Tangerang Ekspres-

TANGERANGEKSPRES.ID - Dewan Pers menggelar workshop Peliputan Pilkada 2024 di Banten. Acara digelar di Hotel Ibis Style BSD City, Kabupaten Tangerang, Selasa (28/5/2024).

Anggota Dewan Pers Atmaji Sapto Anggoro dalam sambutannya mengatakan, kegiatan dilakukan sebagai upaya membentuk jurnalis andal dalam melakukan peliputan pemilu/ pilkada. Sehingga, menghasilkan berita yang akuran dan akuntabel.

"Jurnalis sangat penting dalam menyajikan liputan pemilu yang bisa menjadi referensi bagi pemilih dalam menentukan pilihannya," kata Atmaji.

Ia melanjutkan, workshop peliputan Pilkada dilakukan atas inisiatif bersama Dewan Pers, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), KPU dan Bawaslu. "Kita melihat bahwa, pemilu dan pilkada serentak adalah hal legal dalam menentukan pmimpin yang sudah menjadi kesepakatan bersama. Untuk itu menjadi penting workshop ini," ujarnya.

Workshop digelar tidak hanya di Banten. Melainkan juga dilakukan di 34 provinsi di Indonesia. Jadi, kata dia, hari ini juga dilakukan di provinsi lain yaitu di Yogyakarta dan NTB.

"Karya jurnalistik yang baik bisa memberikan peningkatan transparansi dalam proses pilkada. Kemudian juga menjaga fungsi pengawasan publik. Apalagi, di Banten ini masuk wilayah cukup panas dalam sejarah pemilu atau pilkada," ujar Atmaji.

Dalam acara itu hadir selaku narasumber Komisioner KPU Banten Agus Muslim, Kordiv Humas Datin Bawaslu Banten Sumantri dan Anggota KPID Banten Efi Apipi. (*)

Sumber: