Desa Daon Salurkan Bantuan 1 Ton Bibit dan 1 Ton Pupuk

Desa Daon Salurkan Bantuan 1 Ton Bibit dan 1 Ton Pupuk

Tim Pembinaan dan Pengawasan Pemerintahan Desa Kecamatan Rajeg ikut menyalurkan bibit dan pupuk kepada Poktan di Kantor Desa Daon, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, akhir pekan lalu. -Dokumentasi Penerintah Desa Daon-

TANGERANGEKSPRES.ID - Wujud perhatian kepada para petani, Pemerintah Desa (Pemdes) Daon, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, menyalurkan 1 ton bibit padi sekaligus 1 ton pupuk kepada 5 kelompok tani (Poktan) di desa setempat.

 

Kepala Desa Daon Johani AMTG mengatakan, selain dalam rangka melaksanakan program ketahanan pangan, sejatinya kegiatan penyaluran bibit sekaligus pupuk ini, adalah wujud perhatian pemerintah kepada para petani.

 

"Meski 1 ton bibit sekaligus 1 ton pupuk, tidak akan bisa dibagikan kepada seluruh anggota di setiap poktan, tapi setidaknya pemerintah ingat dengan warga petani dalam satu tahun anggaran," kata Johani, Selasa (7/5/2024).

 

Johani menyebutkan, setiap Poktan bisa menyalurkan kembali bibit sekaligus pupuk kepada para anggota secara bergiliran. Misalkan, ada petani belum dapat giliran menerima bibit maupun pupuk, itu bisa menerima pada tahun-tahun berikut.

 

Sebab menurut Johani, dengan 1 ton bibit sekaligus 1 ton pupuk yang diberikan kepada para petani melalui Poktan, tidak memungkinkan memenuhi kebutuhan pertanian dengan lahan persawahan padi produktif sekitar 350 hektar di desanya.

 

Di sisi lain, Johani percaya para petani tidak akan berputus semangat untuk menggarap lahan persawahan padi produktif, baik menerima bantuan bibit dan pupuk ataupun tidak.

 

"Kalau para petani, itu mereka terpenting ada air, saat butuh pupuk mudah didapat dan harga jual gabah yang tidak anjlok. Kita ketahui bahwa mental petani adalah mandiri dan tak suka patah semangat," kata Johani.

 

Sumber: