Musim Kemarau di Tangerang Selatan Duprediksi Mulai Juni

Musim Kemarau di Tangerang Selatan Duprediksi Mulai Juni

Pengendara sepeda motor melintas di Jalan Puspiptek, Setu saat panas terik matahari. -Tri Budi/TangerangEkspres.id-

TANGERANGEKSPRES.ID - Saat ini cuaca kerap terjadi tidak menentu, kadang panas terik dan kadang hujan turun dengan lebat. Padahal saat ini masih masuk musim penghujan.

 

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah telah memonitoring awal musim kemarau Dasarian III April 2024 menunjukkan secara umum wilayah Banten belum masuk musim kemarau. 

 

Kepala BBMKG Wilayah II Hartanto mengatakan, secara umum di Provinsi Banten pada Dasarian III April masih belum masuk musim kemarau. "Kecuali ZOM 164 (Kota Cilegon, Kabupaten Serang bagian Utara) dan ZOM 165 (Kabupaten Serang bagian Utara, Kota Serang bagian Utara) sudah masuk musim kemarau," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Senin (6/5/2024).

 

Hartanto menambahkan, untuk wilayah Kota Tangsel hingga dasarian III April 2024 masih berada pada periode musim hujan. Sedangkan awal musim kemarau2024 Provinsi Banten dimulai pada Bulan April hingga Juni 2024. 

 

Musim kemarau diprakirakan dimulai dari wilayah Utara dan bergerak ke arah Selatan, dimulai dari wilayah Serang bagian utara, Tangerang bagian utara pada April 2024. "Kemudian sebagian Serang, sebagian Kabupaten Pandeglang dan sebagian Kabupaten Lebak pada Mei 2024 dan disusul wilayah lainnya pada Juni 2024," tambahnya.

 

Menurutnya, musim kemarau Provinsi Banten umumnya Mundur dibandingkan normalnya dengan Sifat Hujan umumnya Atas Normal (AN). Puncak musim kemarau diprakirakan akan terjadi pada Juli 2024 di sebagian besar wilayah Banten.

 

"Sedangkan untuk wilayah Kota Cilegon, Kabupaten Serang dan Kota Serang diprakirakan pada Agustus 2024 dan puncak musim kemarau pada September 2024 diprakirakan terjadi di wilayah Kabupaten Tangerang bagian Utara dan Kota Tangerang bagian Utara," jelasnya.

 

Sumber: