Pasca Lebaran, Harga Bawang Meroket

Pasca Lebaran, Harga Bawang Meroket

Rohim, seorang pedagang bahan pokok di Pasar Pandeglang sedang menunggu pembeli, Kamis (18/4/2024).-Ahmad Fadilah-

TANGERANGEKSPRES.ID - Pasca lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah 2024, harga sejumlah bahan pokok seperti bawang merah dan bawang putih di Pasar Badak, Pandeglang meroket.

 

Rohim, seorang pedagang di Pasar Badak Pandeglang membenarkan adanya kenaikan harga bawang merah dan putih tersebut. Dikatakan Rohim, saat ini harga bawang merah mencapai Rp70.000 perkilogram, sedangkan bawang merah Rp45.000 perkilogram.

 

"Kalau sebelum lebaran kemarin, harga bawang merah bisa dikatakan stabil sekitar Rp40.000 perkilogram. Akan tetapi setelah hari raya Idul Fitri, harganya naik hingga mencapai Rp68.000 sampai Rp70.000 perkilogram," kata Rohim kepada awak media, Kamis (18/4/2024).

 

Untuk bawang putih juga mengalami kenaikan, yang sebelumnya Rp35.000, sekarang menjadi Rp45.000 perkilogramnya. Tapi untuk harga cabai, baik cabai rawit maupun cabai merah itu turun.

 

Rohim juga menyampaikan, kenaikan harga bawang merah dan putih ini berakibat pada turunnya omzet penjualan, lantaran daya beli masyarakat ikut menurun.

 

"Imbas dari harga yang naik, daya beli masyarakat pun ikut turun. Yang biasanya pelanggan beli 1 kilo, sekarang paling mereka beli setengahnya atau seperempatnya," ujarnya.

 

Menurut Rohim, kenaikan harga bawang merah dan putih ini diakibatkan oleh kurangnya pasokan dari para petani di Jawa Tengah.

 

"Biasanya kami memesan atau mendatangkan bawang merah itu dari Brebes, Jawa Tengah. Kemungkinan stok di sananya sedikit karena informasi yang kami dapatkan lahan perkebunan bawangnya itu banjir," tutur dia.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Pandeglang, Bunbun Buntaran mengatakan, kenaikan harga bawang merah sudah biasa terjadi pasca lebaran Idul Fitri.

 

"Setiap tahun setelah Idul Fitri, harga bawang pasti naik. Itu disebabkan karena pasokan dari mulai distribusi, akomodasi, dan transportasi, pasca lebaran mengalami hambatan. Akan tetapi, setelah kita melakukan survei dari kemarin, akan ada penurunan harga mulai minggu depan karena hambatan tersebut sudah kembali normal," papar Bunbun.

 

Bunbun menegaskan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan terkait harga komoditi di Pasar Pandeglang.

 

"Kita akan terus melakukan pengawasan harga bahan pokok, dengan melakukan sidak ke pasar-pasar di Pandeglang," tandasnya.(*)

Sumber: