Sekda Layak Jadi Bupati Tangerang, Jiwa Melayani Sudah Tertanam Matang

Sekda Layak Jadi Bupati Tangerang, Jiwa Melayani Sudah Tertanam Matang

Sekda Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid dikenal sebagai sosok yang diterima masyarakat Kabupaten Tangerang karena sikap humanisnya.-Humas Pemkab Tangerang-

TANGERANGEKSPRES.ID -- Nama-nama calon Bupati Tangerang periode 2024 hingga 2029 sudah mulai bermunculan. Salah satunya, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid yang banjir dukungan warga dengan spanduk dan baliho hingga pelosok kampung.

 

Peneliti sekaligus pengamat kebijakan publik Institute for Development of Policy and Local Partnership (IDP-LP) Riko Noviantoro menilai, sosok Sekretaris Daerah sudah seharusnya menjadi pimpinan daerah. Sebab, kata dia, jiwa melayani sudah tertanam dan teruji sejak menjadi staf hingga diangkat pegawai negeri sipil (PNS).

 

"Jalannya tak mudah seseorang menjadi sekretaris daerah. Jiwa melayani masyarakat sudah teruji dan memang itu sejalan dengan harapan publik," jelasnya kepada Tangerang Ekspres, Sabtu (6/4/2024).

 

Ia menuturkan, secara teoritis seorang sekretaris daerah layak menjadi kepala daerah. Sebab, memiliki pengalaman dan memahami bagaimana aparatur bekerja dan digunakan untuk melayani masyarakat. Namun, kata dia, ketika disodorkan pada fakta lapangan banyak ditemui tarik menarik kepentingan terutama dengan partai politik.

 

"Kepentingan partai politik ini tarik menarik nantinya, itu yang membuat harapan publik kadang tak sesuai harapan. Dalam hal ini, perlu dukungan publik yang memang besar agar bisa berjalan sesuai harapan," jelasnya.

 

Memang kata Riko, kepala daerah atau pemimpin di era saat ini memiliki banyak latarbelakang dan tak melulu punya pengalaman birokrasi. Namun, layaknya kepala daerah punya pengetahuan dan memahami bagaimana birokrasi bekerja.

 


Sosok Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid dikenal dekat dengan anak-anak.-Humas Pemkab Tangerang-

 

Sumber: