Disnakeswan Lebak Jamin Kesehatan Daging Ternak Untuk Idul Fitri

Disnakeswan Lebak Jamin Kesehatan Daging Ternak Untuk Idul Fitri

Hewan sapi milik peternak di Rangkasbitung siap dijual.-A Fadilah-

TANGERANGEKSPRES.ID - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Lebak memastikan dan menjamin kesehatan ternak sapi dan kerbau lokal yang dijual menjelang Idul Fitri 1445 H.

 

"Kita meyakini semua ternak sapi dan kerbau di sini relatif aman sehat utuh halal (Asuh)," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lebak drh Hanik Malichatin di Rangkasbitung, Rabu (27/3/2024)

 

Menurut ya, untuk memastikan kesehatan, pemerintah Kabupaten Lebak mengoptimalkan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak besar guna memastikan terbebas dari penyakit virus Lumpy Skin Disease (LSD) maupun antraks.

 

"Pemeriksaan kesehatan hewan ternak langsung ke pemilik ternak rakyat hingga pedagang menjelang Idul Fitri 2024," ujarnya.

 

Selama ini, kata dia, pihaknya belum menemukan kasus penyakit yang membahayakan terhadap ternak sapi dan kerbau.

 

Menurut dia, populasi ternak kerbau dan sapi di Kabupaten Lebak cukup berkembang sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

 

Bahkan, para peternak memasok daging sapi dan kerbau bisa memasok kebutuhan ke luar daerah, seperti Tangerang, Jakarta, Bogor dan Cianjur.

 

Sumber: