Pelantikan Pejabat Eselon 2 Hasil Lelang Jabatan Tunggu Arahan Wali Kota

Pelantikan Pejabat Eselon 2 Hasil Lelang Jabatan Tunggu Arahan Wali Kota

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan memberikan keterangan kepada awak media, Senin, 19 Desember 2023. -Tri Budi-Tangerang Ekspres

TANGERANGEKSPRES.ID - Sampai saat ini Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie tak kunjung mengumumkan dan melantik 3 kepala organisasi perangkat daerah (OPD) hasil lelang jabatan. Padahal, nama 3 besar peserta lelang jabatan dari tiap OPD sudah diketahui.

Diketahui, sejak beberapa waktu lalu Pemkot Tangsel telah melaksanakan lelang jabatan untuk 3 kepala OPD. Yakni, kursi jabatan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), Dinas Perhubungan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

Masing-masing OPD sudah diketahui 3 peserta dengan nilai tertinggi. Untuk calon Kepala DPKP nilai tertinggi diraih Ahmad Dohiri dengan nilai 81,19. Calon Kepala Dinas Perhubungan dengan nilai tertinggi adlaah Ayep Jajat Sudrajat dengan nilai 78,91. Sedangkan calon Kepala Disperindag adalah Abdul Aziz 86,20.

Terkait hal tersebut, Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan mengatakan, pelantikan kepala OPD hasil lelang jabatan akan segera dilakukan. Pasalnya, pada November 2024 mendatang akan dilakukan Pilkada Kota Tangsel.

"Pelantikan secepatnya akan kita lakukan karena 6 bulan sebelum penetapan calon kepala dan wakil kepada daerah terakhir boleh melakukan pelantikan, artinya bulan ini terakhir," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Rabu (20/3/2025).

Pilar menambahkan, 6 bulan sebelum penetapan calon kepala dan wakil kepada daerah artinya pihaknya bila akan melakukan pelantikan kembali harus mendapat izin dari Kementerian Dalam Negeri.

"Tapi, kalau tidak salah izinnya itu tidak boleh rotasi namun, kalau promosi boleh. Tapi, tetap dengan pemberitahuan," tambahnya.

Penyuka olahraga sepakbola ini menjelaskan, pada Mei mendatang ada beberapa pejabat juga pensiun dan pihaknya juga harus mengisi kekosongan tersebut. "Saya belum tahu pasti kapan pelantikan, biasanya kan dadakan, nunggu arahakan pak wali aja," ungkapnya.

"Belum tentu Jumat keramat, bisa malam Jumat keramat, bisa Senin keramat.

Sekarang kita sedang koordinasi dengan KASN terkait kapan berkasnya masuk, kalau berkasnya masuk cepat maka secepatnya dilakukan pelantikan karena, banyak kekosongan jabatan," terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, saat ini banyak kursi jabatan fungsional yang kosong dan terutama eselon 4. "Dari 30 yang kosong ada 20 orang," ujarnya.

Pria yang biasa disapa Pak Ben ini menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pelantikan pejabat hasil lelang jabatan tersebut.

"Bentar lagi mudah-mudahan saya bisa lakukan pengisian jabatan-jabatan karena, seleksi jabatan eselon 2 sudah selesai. Kita sudah tahu siapa peringkat pertamanya. Dari nilai ya, nilai tertingginya siapa," tutupnya. (*)

Sumber: