Sempat Naik di Awal Tahun, Penjualan Motor Kembali Merosot

Sempat Naik di Awal Tahun, Penjualan Motor Kembali Merosot

Penjualan sepeda motor di Februari 2017 mengalami penurunan. Padahal, di bulan pertama, sempat menuai hasil positif. Penurunan yang terjadi cukup lumayan, tercatat 13,55 persen, dibanding Februari 2016, atau menjadi 453.763 unit.

Angka penurunan ini, hampir sama dengan besarnya kenaikan Januari 2017 dibanding 2016, 13,84 persen. Jika ditotal, sepanjang dua bulan pertama tersebut (Januari-Februari) ada sebanyak 927.462 unit, atau minus 1,43 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.
Dari lima merek yang terdaftar dalam Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), Honda masih mendominasi penjualan. Pada Februari, penguasaan pasarnya mencapai 76,23 persen, sementara rivalnya Yamaha di urutan kedua, dengan kebagian 20,61 persen. Jika dijumlahkan, pangsa pasar keduanya mencapai angka 96,84 persen.

Sementara sisa pangsa pasar yang hanya sekitar 3,16 persen dibagi untuk tiga merek lainnya, Kawasaki (1,83 persen), Suzuki (1,30 persen) dan TVS (0,03 persen).

Lantas model apa saja yang banyak diminati tiap segmen, serta model yang tak terlalu bagus penjualannya di tiap segmen?

Motor matic masih menjadi segmen paling gemuk secara nasional. Motor bertransmisi otomatis ini menguasai pasar hingga 82,80 persen, atau 768.117 unit untuk dua bulan pertama 2017. Honda BeAT eSP jadi yang terlaris dengan penjualan total 292.574 unit. Sedangkan TVS Dazz 110 jadi yang terpuruk dengan distribusi hanya 32 unit saja.

Disusul Moped (Bebek). Sempat jadi rajanya penjualan motor nasional sebelum tergusur segmen matik. Kepraktisan dan ketangguhan motor tipe moped (bebek) jadi daya tariknya. Segmen ini menguasai pasar 7,85 persen, dengan 72.776 unit. Honda Revo Fit FI diluar dugaan jadi yang terlaris dengan distribusi 15.551 unit untuk dua bulan awal 2017. Sementara TVS Neo jadi yang terburuk dengan hanya terdistribusi 11 unit saja.

Posisi ketiga ditempati segmen Sport. Perlahan tapi pasti segmen ini sudah melewati pasar motor bebek. Segmen ini menguasai pasar sebesar 9,35 persen, dengan total distribusi sebanyak 86.749 unit untuk dua bulan awal 2017. Honda dengan CB150R Streetfire jadi idola, naked bike 150cc ini terdistribusi 21.497 unit. Terpuruk ada motor sport 125cc dari TVS, yakni Max 125 dengan 140 unit terdistribusi. (dew/nas/JPG)

Sumber: