Longsor, Ruas Jalan Ciparay-Warung Banten Putus

Longsor, Ruas Jalan Ciparay-Warung Banten Putus

Longsor tanah merah menimbun ruas Jalan Ciparay - Warung Banten, Kabupaten Lebak, Rabu (21/2/2024).-Ahmad Fadilah-

TANGERANGEKSPRES.ID - Ruas Jalan Ciparay - Warung Banten, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak putus total akibat  tertimbun longsoran tanah merah. Longsor terjadi dikarenakan intensitas hujan yang terus menerus turun sehingga menyebabkan longsor pada Rabu (21/2/2024) sekitar pukul 08.00 WIB.

 

Komarudin, warga Cibeber mengaku, ruas jalan milik Kabupaten Lebak tersebut tidak bisa dilalui kendaraan. Oleh karena itu, warga sekitar meminta agar Pemerintah Kabupaten Lebak dan Provinsi Banten untuk melakukan penanganan agar lalu lintas di Jalan Ciparay-Warung Banten kembali normal.

 

“Kami mengharapkan pemerintah daerah segera melakukan penanganan. Karena jalan itu merupakan akses utama warga untuk bepergian keluar daerah,” kata Komarudin kepada Tangerang Ekspres melalui sambungan telepon.

 

Selain disebabkan hujan yang terus menerus turun sepanjang hari, kata Komarudin, warga juga menduga sekitar kawasan Ciparay-Warung Banten memiliki kondisi tanah yang tidak stabil. Hal tersebut dikarenakan wilayah tersebut diduga terdapat aktivitas warga yang melakukan penambangan emas tanpa izin (peti).

 

Sehingga wajar jika di sepanjang jalan itu rawan dengan bencana longsor. Terlebih jika musim penghujan, otomatis, kata dia, longsor setiap waktu bisa terjadi.

Warga berharap di tengah kondisi seperti ini bisa menahan diri untuk tidak melakukan aktivitas yang membahayakan seperti melakukan penambangan ilegal.

 

"Kondisi tanahnya sangat rawan. Karena, di sekitar kiri kanan jalan banyak tebing yang sewaktu-waktu bisa menyebabkan longsor,” ujarnya.

 

Firman Zuliansyah, Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan pada kantor UPT JJ Wilayah Lebak membenarkan adanya kejadian longsor. Akan tetapi, ruas jalan tersebut merupakan milik Kabupaten Lebak. Pihaknya hanya ikut membantu membuka akses saja agar kembali normal.

 

"Itu ruas jalan kabupaten. Tapi kita menurunkan tim untuk membantu membuka akses, dan mengirimkan alat berat milik UPT,” papar Firman.

 

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Lebak, Hamdan Soleh membenarkan adanya kejadian longsor di ruas Jalan Ciparay-Warung Banten.

 

"Kami saat ini sedang melakukan pembersihan badan jalan dari timbunan tanah sambil memetakan kerusakan jalan akibat longsor," ucapnya.(*)

Sumber: