Kabupaten Tangerang Bakal Punya Riset Mangrove di Desa Patramanggala Kecamatan Kemiri

Kabupaten Tangerang Bakal Punya Riset Mangrove di Desa Patramanggala Kecamatan Kemiri

Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono (kiri) bersama Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Jainudin (tengah) dan Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang Iwan Firmansah melakukan tinjau lokasi riset mangrove di garis--

TANGERANGEKSPRES.ID - Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Jainudin mengatakan, pengembangan mangrove akan dibangun di Desa Patramanggala, Kecamatan Kemiri.

Riset tanaman pesisir ini menggandeng akademisi dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Kita kemarin tindaklanjut pemerintah daerah dan IPB membuat MoU kerjasama membangun pusat studi dan riset pengembangan mangrove di Desa Patramanggala," jelasnya kepada Tangerang Ekspres, Rabu (14/02/2024).

Lanjut Jainudin, konsep riset mangrove berupa kawasan yang terintegrasi kawasan pembibitan, kawasan tanam sebagai konservasi, kawasan budidaya perikanan, dan kawasan ekowisata. Kawasan ini akan memiliki luas sekira 125 hektare.

"Untuk anggarannya kolaborasi antara APBD, APBN dan dana sosial perusahaan (CSR). Belum sampai detail berapa kebutuhan anggaran yang dibutuhkan nanti akan dibahas bersama dengan tim IPB," jelasnya.

Ia berharap, dengan konsep riset mangrove  dapat manfaat peningkatan ekonomi, ekosistem, ekologi dan pengetahuan masyarakat tentang tanaman dan perikanan di wilayah pesisir.

"Kita baru tinjau lokasi. Ikut hadir Dinas Perikanan, DLHK, DBMSDA dan Dispora, PLTU Lontar serta Camat Kemeri dan para kepala desa," pungkasnya. (*)

Sumber: