KPU Tangsel Libatkan PPK Lakukan Pengesetan di Gudang

KPU Tangsel Libatkan PPK Lakukan Pengesetan di Gudang

Ketua KPU Kota Tangerang Selatan M Taufiq MZ mengangkat kardus berisi Surat Suara DPRRI yang baru saja tiba di gudang KPU di Pergudangan Multiguna Alam Sutera, Serpong Utara, Senin (15/1/2024). -Endang Sahroni-

TANGERANGEKSPRES.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melibatkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam melakukan seting logistik untuk setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayahnya.

 

Ketua KPU Kota Tangsel, M Taufiq MZ menjelaskan, pelibatan PPK dalam seting logistik ini baru dilakukan di Pemilu 2024 ini. Sebelumnya, seting dilakukan oleh petugas lipat dan sortir di gudang.

 

"Tujuannya untuk memastikan setiap kotak suara per TPS berisi sesuai," kata Taufiq saat ditemui di gudang KPU di Pergudangan Multiguna Alam Sutera, Senin, (15/1/2024).

 

Taufiq menjabarkan, yang diseting oleh PPK adalah setiap kotak suara untuk TPS itu harus memiliki isi yang sesuai. Seperti surat suara DPRD sesuai Daerah Pemilihan (Dapil), surat suara DPRD Provinsi dan juga kota/ kabupaten.

 

"Yang dilakukan PPK itu seting jumlah surat suara sesuai DPT plus 2 persen. Kemudian form C Rekap Hasil Plano, Sertifikat Berita Acara Hasil. Mereka harus memastikan semuanya lengkap dalam karton duplex/ kota suara," ujarnya.

 

Setelah itu, lanjut Taufiq, kotak suara disegel. Sehingga tidak akan dibuka lagi di gudang masing-masing kecamatan.

 

Dengan cara ini juga, tidak akan terjadi lagi kekurangan surat suara atau berkas di masing PPK atau TPS setelah dibagikan. Karena penyetingan dilakukan langsung oleh PPK di gudang sortir dan lipat.

 

"Kemarin kita juga cek kesiapan gudang masing-masing kecamatan. Kecamatan Pondok Aren, Serpong Utara sudah siap," paparnya.

 

Disoal mengenai proses sortir dan lipat surat suara, Taufiq menjelaskan, saat ini yang sudah selesai dilakukan sortir dan lipat adalah surat suara Presiden dan Wakil Presiden serta DPRD Provinsi. Untuk Kota, DPD dan DPR RI masih dalam proses.

 

"Untuk surat suara DPRD Kota sudah berjalan. Sekarang tinggal 1 Dapil lagi yang belum," kata Taufiq seraya mengatakan, sesuai jadwal proses lipat dan sortir harus beres pada 20 Januari mendatang. (*)

Sumber: