Cegah Banjir, Kali Sabi Dikeruk

Cegah Banjir, Kali Sabi Dikeruk

Camat Cibodas, Buceu Gartina bersama petugas PUPR Kota Tangerang meninjau normalisasi Kali Sabi, Senin (8/1/2024).-Abdul Aziz-

TANGERANGEKSPRES.ID -- Cegah banjir di wilayah Kecamatan Cibodas, Camat Cibodas, Buceu Gartina bersama jajaran dan petugas Dinas PUPR Kota Tangerang meninjau normalisasi Kali Sabi di wilayah Kecamatan Cibodas, Senin (8/1).

 

Buceu mengatakan, akhir-akhir ini curah hujan khususnya di wilayah Kota Tangerang intensitasnya cukup tinggi. Oleh karenanya perlu dilakukan normalisasi Kali Sabi di wilayah Kecamatan Cibodas sebagai langkah mengantisipasi luapan air yang kerap terjadi di wilayahnya apabila hujan deras.

 

"Kita melihat pendangkalan Kali Sabi harus dilakukan normalisasi sebagai langkah mengantisipasi terjadinya luapan air," kata Buceu, Senin (8/1).

 

Dia memaparkan, normalisasi Kali Sabi dilakukan oleh petugas PUPR menggunakan alat berat untuk mengeruk badan sungai yang penuh dengan material tanah dan lumpur bahkan adanya sampah yang menyebabkan pendangkalan sungai. 

 

"Pengerukan menggunakan alat berat untuk membersihkan lumpur sehingga dapat meminimalisir terjadinya luapan air yang mengakibatkan banjir," ujarnya.

 

Menurutnya, salah satu titik rawan banjir tahunan yang disebabkan meluapnya air Kali Sabi. Untuk kedalaman normalisasi kali Sabi yaitu kedalaman sekira 5 sampai 6 Meter dengan variabel tergantung titik Kali Sabi tersebut.

 

Buceu menambahkan, pihaknya bergerak cepat untuk mengatasi masalah genangan air yang kerap terjadi apabila turun hujan dengan intensitas cukup tinggi. Sejumlah langkah antisipasi dan penanganan terus digencarkan di berbagai titik di wilayahnya  termasuk menormalisasi aliran Kali Sabi.

 

Sumber: