Omzet Wisata Kuliner Pasar Lama Capai Rp 2,9 Miliar

Omzet Wisata Kuliner Pasar Lama Capai Rp 2,9 Miliar

Suasana Wisata Kuliner Malam Pasar Lama saat malam.-Dani Mukarom-

TANGERANGEKSPRES.ID - Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Dinkopukmperindag) Kota Serang mencatat omzet wisata kuliner Pasar Lama, Kota Serang, di bulan pertama mencapai Rp 2,9 Miliar.  

Omzet periode 28 November hingga 27 Desember 2023, blok B dan C mencapai Rp 1.015.182.187,5. Sedangkan untuk blok D yang dikhususkan untuk pedagang jajanan mencapai Rp 86.560.500. 

Sementara itu, omset di blok durian mencapai Rp 1.800.000.000. Secara keseluruhan omzet di wisata kuliner Pasar Lama mencapai Rp 2.901.742.687,5.

"Omset total di bulan pertama mencapai Rp 2,9 Miliar, dari anggaran Rp650 juta di pasar lama, mampu menggerakan ekonomi hampir Rp 3 miliar dalam jangka waktu satu bulan," kata Kepala Dinkopukmperindag Kota Serang Wahyu Nurjamil saat diwawancarai Tangerang Ekspres, Selasa 2 Januari 2024.

Wahyu Nurjamil menuturkan, di bulan kedua, omset di wisata kuliner Pasar Lama diproyeksikan bisa lebih dari Rp3 miliar dan bisa mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) ke Kota Serang.

"Ada effort yang luar biasa dari teman-teman Dinkopukmperindag, selain kita memasifkan iklan di medsos, ini juga momennya tepat karena Kota Serang baru punya tempat pusat kuliner, jadi lebih ikonik," tuturnya.

Saat ini, kata Wahyu, wisata kuliner Pasar Lama sedang dilakukan beberapa pembangunan fasilitas penunjang untuk pengunjung, seperti pedestarian, perbaikan drainase, perbaikan jalan dan akses parkir. Sehingga, masyarakat akan lebih tertarik untuk mengunjungi wisata kuliner Pasar Lama.

"Saat ini sedang proses untuk pembangunan pedestarian, drainase oleh PU, jalan belakang diperbaiki dan akses parkir. Selain itu, kita akan lakukan pergantian tema setiap tahun supaya pengunjung tidak bosan," katanya (*)

Sumber: