BPJamsostek Layani Tanpa Kontak Fisik

BPJamsostek Layani Tanpa Kontak Fisik

TANGERANG Meminimalisir meluasnya penyebaran Covid-19 di kalangan pekerja khususnya di lingkungan unit kerjanya, BPJamsostek memfokuskan layanan klaim jaminan menjadi layanan online dan tanpa kontak fisik. (Lapak Asik) Protokol Lapak Asik Layanan Tanpa Kontak Fisik BPJamsostek, merupakan salah satu upaya mendukung pemerintah meminimalisir dan menghentikan penularan Covid-19. Sebelumnya, pelayanan yang diberikan BPJamsostek kepada peserta selalu dilakukan secara tatap muka. Kepala Kantor BPJamsostek Tangerang Cikokol Hasan Fahmi mengatakan, urgensi pemberlakuan layanan online ini memang penting dilakukan. Selain mempermudah peserta, tentunya hal ini berdampak pula pada perlambatan penyebaran virus Covid-19 yang sedang diupayakan pemerintah penanganannya. "Dalam melakukan pelayanan klaim JHT, peserta dapat mengakses registrasi antrian online melalui aplikasi BPJSTKU atau langsung melalui situs resmi antrian online di antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id. Setelah mendaftar, paling lambat H-1 peserta mengunggah dokumen-dokumen yang menjadi syarat klaim melalui alamat email yang diberikan saat registrasi,"ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Selasa (7/4). Fahmi menambahkan, jika yang bersangkutan tidak berhasil mengunggah dokumen, pastikan beberapa hal berikut. Yang pertama pesert harus sudah men download camscanner di playstore dari smartphone untuk mendukung aplikasi camscanner perlu di download pula aplikasi pdf di playstore atau ios pada fitur smart phone peserta. "Jadi, peserta akan diinformasikan untuk datang langsung ke Kantor Cabang BPJamsostek yang dipilih saat registrasi dan memasukkan dokumen ke dalam dropbox yang tersedia untuk diproses lebih lanjut. Adapun pada saat verifikasi, dibutuhkan konfirmasi lebih lanjut petugas akan menghubungi peserta melalui telepon,email, dan videocall,"paparnya. Ia menjelaskan, bahwa semua peserta yang mendatangi Kantor Cabang BPJamsostek akan selalu diukur suhu tubuhnya dan diwajibkan menjaga higienitas diri sebagai upaya mengurangi penyebaran Covid-19. Selain itu, salah satu bentuk mitigasi BPJamsotek dalam mengurangi interaksi langsung adalah dengan menempatkan dropbox di luar ruangan lalu semua dokumen yang diterima akan terlebih dahulu disemprot dengan desinfektan untuk kemudian bisa diserahkan kepada petugas BPJAMSOSTEK di dalam ruangan. "Dokumen di dalam dropbox akan diteruskan secara berkala kepada petugas back office untuk diproses lebih lanjut. Diharapkan dengan cara seperti ini, akan meminimalisir risiko penyebaran Covid-19 semakin meluas,ungkapnya. Fahmi menuturkan, informasi lebih lanjut terkait pelayanan BPJAMSOSTEK atau terkait Protokol Lapak Asik, peserta dapat menghubungi Layanan Masyarakat 175, atau melalui situs resmi www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan akun resmi BPJAMSOSTEK di Facebook BPJS Ketenagakerjaan atau Twitter @bpjstkinfo. "Kami jamin pelayanan yang kami berikan selalu sesuai dengan standar yang berlaku di BPJamsostek. Hal terpenting saat ini adalah, kami mohon pengertian seluruh peserta yang mengakses layanan kami, untuk bersama-sama mendukung program pemerintah dalam mencegah meluasnya Covid-19 untuk kebaikan bersama,"pungkasnya. (*)

Sumber: