CIPUTAT-Guna meningkatkan layanan kepada warga, Sekretaris Kelurahan Ciputat Noor Rizal membuat aplikasi yang bernama Sistem Pelayanan Masyarakat (Sipelma). Ketika ditemui di kantornya bapak tiga anak ini mengungkapkan, aplikasi ini sejalan dengan visi Kota Tangsel yakni, cerdas, berkualitas, berdaya saing, berbasisi teknologi dan inovasi. “Kita ketahui bersama bahwa inovasi sudah menjadi kebutuhan instansi pemerintah guna meningkatkan kinerja pelayanan kepada publik," katanya. Secara umum lanjutnya, salah satu agenda prioritas pemerintah adalah mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dan inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan efisiensi. Dalam Sipelma ini hampir semua administrasi kependudukan. “Saya masih menguji coba pengajuan dan pembaruan kartu keluarga, surat pindah dan lumayan juga waktu kemarin membuat software ini kurang lebih dua bulan," ucap Rizal. Apalagi saat ini masyarakat telah melek informasi. Dengan kata lain masyarakat sangat kritis dengan terhadap pelayanan yang diberikan oleh pemerintah. “Tren positif era digitalisasi millenial nyatanya telah merambah ke seluruh aspek kebutuhan manusia. Kita juga tidak mau menyia-nyiakan kesempatan besarnya manfaat arus digitalisasi," ungkap Rizal. Salah satu warga Ciputat Esa mengatakan, dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan pihaknya selaku warga. Hanya saja, masih perlu dilakukan sosialisasi lagi agar masyarakat bisa memanfaatkan layanan tersebut. “Dengan adanya aplikasi ini, saya juga minta petugas bisa lebih optimal dalam memberikan layanan,’’ungkap dia. Ke depan Esa berharap, layanan berbasis teknologi ini bisa diadopsi oleh Kelurahan lainnya. “Kalau bisa Kelurahan lain bisa mengikuti biar bisa lebih cepat dan simpel,’’harap warga asli Ciputat ini. (mg-1)
Ciptakan Aplikasi Pelayanan Warga
Sabtu 24-11-2018,04:51 WIB
Editor : Redaksi Tangeks
Kategori :