Hari Pertama Operasi Zebra, Polisi Beri Edukasi Kepada Pengendara Ojol

Senin 14-10-2024,17:08 WIB
Reporter : Andi Suhandi
Editor : Andi Suhandi

TANGERANGEKSPRES.ID - Satlantas Polres Tangsel mulai 14 sampai 27 Oktober mendatang menggelar Operasi Zebra. Operasi Zebra 2024 dilaksanakan dengan sistem tilang elektronik (ETLE).

 

Kasat Lantas Polres Tangsek AKP Rohmatullah mengatakan, tujuan dilaksanakannya Operasi Zebra adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang tata tertib lalu lintas. 

 

"Tujuaannya juga untuk mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Senin (14/10/2024).

 

Rohmatullah menambahkan, dalam melaksanakan operasi pihaknya lebih mengedepankan edukasi dan persuasif kepada penguna jalan dengan pendekatan humanis.

 

"Dengan operasi ini kita berharap masyarakat terbiasa untuk mematuhi peraturan lalu lintas untuk keselamatan bersama. Dan tentunya masyarakat diharapkan dapat menjadi contoh bagi pengendara lain," tambahnya.

 

Rohmatullah mengaku, ada 14 sasaran atau target Operasi Zebra. Yakni penggunaan rotator dan sirine yang tidak sesuai dengan ketentuan, penertiban kendaraan bermotor yang menggunakan pelat rahasia atau pelat dinas.

 

Kemudian pengemudi yang masih di bawah umur, kendaraan yang melawan arus lalu lintas, berkendara dalam pengaruh alkohol. Penggunaan ponsel saat mengemudi, tidak memakai sabuk pengaman.

 

Melebihi batas kecepatan yang ditetapkan, sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang, kendaraan roda empat atau lebih yang tidak layak jalan. Kendaraan roda empat atau lebih yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan standar.

Kategori :