Sedekah Minyak Jelantah Berpeluang Berangkat Ibadah Umroh

Senin 14-10-2024,15:57 WIB
Reporter : Abdul Azis
Editor : Andi Suhandi

TANGERANGEKSPRES.ID - Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tangerang terus memasifkan mengajak warga Kota Tangerang khususnya umat Islam untuk  bersedekah minyak jelantah. Pasalnya, melalui bersedekah minyak jelantah berpeluang dapat menunaikan ibadah umroh. 

 

Ketua DMI Kota Tangerang, Haryanto mengatakan, DMI Kota Tangerang memiliki beberapa program guna memakmurkan masjid dan jamaahnya. Salah satunya program sedekah minyak jelantah.

 

"Nantinya warga yang bersedekah akan mendapatkan kupon setiap 500 mililiternya dan berpeluang untuk diberangkatkan umroh," kata Haryanto, Senin (14/10).

 

Dia menjelaskan, warga yang bersedekah minyak jelantah bisa melalui pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) terdekat di lingkungannya atau juga langsung ke sekretariat DMI kota Tangerang. Pasalnya, setelah terkumpul sekira 200 liter minyak jelantah, pihaknya akan melakukan pengambilan nomor kupon untuk diberangkatkan ibadah umroh.

 

"Siapa yang terpilih maka akan diberangkatkan umroh ke tanah suci Mekkah, gratis, pemberangkatan Ibadah umroh itu dananya dari hasil penjualan minyak jelantah yang disisipkan untuk jamaah yang bersedekah minyak jelantah, sisanya untuk kemakmuran masjid lainnya," paparnya.

 

"Bagi warga, katakanlah yang tidak mendapat kesempatan, menjadi bagian penyumbang untuk keberangkatan umrah, jadi keduanya  bernilai ibadah," sambungnya.

 

Haryanto memaparkan,, program sedekah minyak jelantah yang diterapkan ini merupakan gerakan ilmu ikhlas. Oleh karenanya, dia mengajak seluruh masyarakat  terlibat dalam gerakan sedekah ini yang menjadi ladang amal dan ibadah.

 

Program sedekah minyak jelantah ini, kata Haryanto, digagas DMI guna mengurangi limbah rumah tangga, emisi gas rumah kaca yang dapat menambah nilai kebaikan serta ibadah.

Kategori :