Kader Posyandu Harus Terapkan 6 SPM

Kamis 12-09-2024,12:51 WIB
Reporter : Tri Budi
Editor : Sutanto

 

"Apalagi diposyandu juga dilakukan penimbangan cakupan lebih 85 persen, pelaksaan kunjungan rumah, menyediakan pelayanan untuk 10 siklus kehidupan. Posyandu tidak hanya melayani ibu dan balita, tapi lansia juga," tutupnya.

 

Sementara itu, Ketua TP PKK yang juga Ketua Pembina Posyandu Kota Tangsel Tini Indrayanthi Benyamin Davnie mengatakan, kelompok kerja opersional pembinaan pos pembinaan dan pelayanan terpadu (Pokjanal Posyandu) adalah kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan atau pengelolaan Posyandu yang berkedudukan di pusat, provinsi, kabupaten atau kota dan kecamatan.

 

"Pokja Posyandu adalah kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan atau pengelolaan posyandu yang berkedudukan di desa atau kelurahan," ujarnya.

 

Tini menambahkan, Pokjanal Posyandu kabupaten atau kota dibentuk dengan Keputusan Bupati atau Walikota, Pokjanal Posyandu Kecamatan dibentuk dengan Keputusan Camat, Pokja Posyandu desa atau kelurahan dibentuk dengan Keputusan Desa atau Lurah. 

 

"Pengorganisasiannya sudah di atur oleh permendagri Nomor 54 tahun 2007.

Tujuan pokjanal atau pokja posyandu yaitu mengkoordinasikan berbagai upaya pembinaan yang berkaitan dengan peningkatan fungsi dan kinerja Posyandu, yang secara operasional dilaksanakan oleh unit atau kelompok pengelola Posyandu di desa, melalui mekanisme pembinaan secara berjenjang oleh Pokjanal Posyadu di daerah," tambahnya.

 

Dengan ada nya pertemuan dengan Ketua Pokjanal Posyandu tingkat kecamatan dan kelurahan, Tini berharap forum kader posyandu dapat lebih meningkatkan fungsi dan perannya dalam pelaksanaan posyandu di era transformasi layanan primer.

 

"Tujuannya tentu untuk memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu, bayi, kesehatan remaja, usia produktif, serta lansia dan mengaktifkan posyandu aktif seluruh siklus kehidupan," tutupnya. (*)

 

Kategori :