Anggaran Makan Gratis dari APBD

Rabu 31-07-2024,16:54 WIB
Reporter : Abdul Aziz
Editor : Sihara Pardede

TANGERANGEKSPRES.ID - Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin mengungkapkan, sumber anggaran biaya uji coba makan bergizi gratis dari APBD Kota Tangerang. Sedangkan untuk sekolah swasta anggaran biaya tersebut ditanggung oleh pihak sekolah.

Dia mengatakan, anggaran biaya  makan bergizi gratis untuk satu porsinya senilai Rp15 ribu sudah termasuk susu kemasan didalamnya.

"Menunya macam-macam, yah. Nanti, ada daging, ayam, sayur, buah, kemudian ada susu.kemasam juga didalamnya," imbuhnya.

Dikatakan, pihaknya melibatkan sebanyak 36 sekolah jenjang SD dan SMP dengan jumlah sebanyak 32.981 siswa. "Anggaran yang digunakan untuk uji coba makan bergizi gratis dari anggaran APBD dan anggaran dari sekolah untuk sekolah swasta," ungkap Nurdin melalui pesan singkatnya, Rabu (31/7/2024).

Mantan Kepala Pusdatin ini menuturkan, Kota Tangerang merupakan wilayah pilot project pelaksanaan program makan bergizi gratis (MBG) dalam upaya merealisasikan salah satu visi Presiden RI terpilih periode 2024-2029.

Dia menyebut, pihaknya akan melaksanakan proyek percontohan tersebut pada Selasa, 1 Agustus 2024. Kemudian dilanjutkan pada 5-9 Agustus 2024.

Pelaksanaan uji coba makan bergizi gratis saat ini pihaknya memprioritaskan di sekolah negeri. Namun ada juga sekolah swasta yaitu SD dan SMP As-Syukriah

Dia menjabarkan Pemkot Tangerang perdana akan menggelar kegiatan tersebut pada Kamis 1 Agustus 2024 dengan melibatkan 5 sekolah diantaranya, SD Negeri Sukasari 4, SD Negeri Sukasari 5, SMP Negeri 4 Tangerang, MIN 1 Kota Tangerang dan SD dan SMP As-Syukriah.

"Uji coba hari Kamis, 1 Agustus dilakukan di 5 sekolah dengan jumlah sebanyak 3.125 siswa," ujarnya.

Kemudian, pada 5-9 Agustus 2024, uji coba makan bergizi gratis melibatkan 12 SD dan 24 SMP dengan total sebanyak 29.856 siswa.

Menurutnya, Pemkot Tangerang berkomitmen menyukseskan proyek percontohan tersebut. Brbagai persiapan sudah dipersiapkan dengan matang dari mekanisme penganggaran, pelaksanaan, pendistribusian, sampai melakukan koordinasi dengan pihak sekolah untuk pelaksanaan uji coba makan bergizi gratis tersebut.

 Pasalnya, isi menu makanan sudah dilakukan uji coba dengan jajaran Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kota Tangerang guna memastikan kandungan gizi dan menu tersebut sesuai dipersyaratkan.

"Pastinya melibatkan ahli gizi dari Dinas Kesehatan ikut serta di dalamnya untuk uji coba itu," pungkasnya.

Untuk pengadaannya, tambah Nurdin, pihaknya melibatkan pelaku UMKM di Kota Tangerang. "Pengadaannya sendiri melibatkan UMKM kita, yang sudah punya sertifikat layak higiene," tutupnya.(*)

Kategori :