Krisis Lahan Pemakaman, TPU Sarimulya Diharap Segera Dibangun

Kamis 18-04-2024,16:29 WIB
Reporter : Tri Budi
Editor : Sutanto

TANGERANGEKSPRES.ID - Pemkot Tangsel tahun ini akan mulai membangun taman pemakaman umum (TPU) terpadu di Sarimulya di Kelurahan Babakan, Setu. Pembangunan TPU tersebut untuk mengatasi krisis lahan pemakaman yang ada di Kota Tangsel.

 

Luas lahan TPU Sarimulnya nantinya sekitar 20 hektar, namun pembangunannya akan dimulai dari 11 hektar sesuai luas lahan yang telah diserahkan oleh pengembang perumahan.

 

Camat Setu Erwin Gemala Putra berharap, pembangunan TPU Sarimulya dapat segera dilaksanakan. "Sarimulya belum dibangun tapi kita berharap supaya bisa segera dibangun oleh pemkot untuk melayani masyarakat Setu dan seluruh warga Tangsel," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Kamis (18/4/2024).

 

Erwin menambahkan, di wilayahnya saat ini memiliki 1 TPU, yakni TPU Babakan yang lokasinya berada di seberang kantor Kecamatan Setu. Namun, TPU Babakan   lokasinya tidak sebesar Sarimulya, tapi lahannya masih ada masih ada.

 

"Akses ke makam Sarimulya lewatnya depan kantor Kecamatan Setu dan jalannya sudah jadi," tambahnya.

 

Erwin mengaku, di wilayahnya juga terdapat beberapa taman pemakaman bukan umum (TPBU). "Kalau TPBU jumlahnya saya kurang tahu, tapi di sisi kiri kantor kecamatan juga ada TPBU," jelasnya.

 

Diketahui, rencana di TPU Sarimulya juga akan dilengkapi dengan crematorium, tapi saat ini belum masuk tahap sosialisasi kepada masyarakat. "Ini masih rencana, jadi saya belum tahu respon warga tentang rencana ini," jelasnya.

 

Di Kota Tangsel saat ini terdapat 7 TPU yang tersebar di 7 kecamatan. Yakni di Jurang Mangu Barat, Jombang, Pondok Benda, Bimbim Serpong, Jurang Mangu Timur, Jelupang, dan Babakan.

 

Namun, tiga dari 7 TPU tersebut kondisinya sudah penuh, yakni di TPU Jurang Mangu Timur, Jurang Mangu Timur, dan Jelupang.

 

Sementara itu, Kepala Disperkimta Kota Tangsel Aris Kurniawan mengatakan, untuk mengatasi krisis lahan pemakaman tersebut, pihaknya sedang menggarap proyek TPU terpadu di Sarimulya di Kelurahan Babakan, Setu.

 

"Tahun ini pembangunannya akan dimulai dimana lahan seluas 11 hektar di Sarimulya telah diserahkan oleh pengembang perumahan dari total kebutuhan seluas 20 hektar," ujarnya.

 

Aris menambahkan, tahun ini akan dibangun untuk petak makam dan nantinya akan ada petak pemakaman untuk muslim dan non muslim. Selain itu, TPU Sarimulya rencananya juga akan dilengkapi dengan krematorium. 

 

Hal tersebut diambil untuk menjawab tantangan pemenuhan kebutuhan pemakaman di masa mendatang. "TPU Sarimulya diharapkan dapat memberikan alternatif yang memadai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya. (*)

Kategori :

Terpopuler