PMI Tangerang Selatan Jamin Stok Darah Selama Ramadan Tercukupi

Rabu 13-03-2024,16:17 WIB
Reporter : Tri Budi
Editor : Sutanto

 

TANGERANGEKSPRES.ID - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangsel menjamin stok darah selama bulan Ramadan 1445 Hijriah aman. Hal tersebut berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

 

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Tangsel Suhara Manullang mengatakan, memasuki hari kedua bulan Ramadan stok darah untuk satu minggu kedepan masih tercukupi.

 

"Jadi memang ada kekhususan kalau puasa biasanya cendurungnya berkurang tapi, kita coba pakai donor pengganti istilahnya," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Rabu (13/3/2023).

 

Suhara menambahkan, agar stok darah selalu tercukupi maka pihaknya minta kepada rumah sakit bila membutuhkan darah supaya keluarga pasien agar mendonorkan darah pengganti.

 

Namun, bila hal tersebut tetap kurang dan belum maksimal maka biasanya pihaknya minta kepada TNI dan Polri agar mendonorkan darahnya.

 

"Termasuk kita menghubungi komunitas dan pada umumnya komunitas juga anggotanya sedang puasa jadi donor terhambat. Kita juga ke komunitas non muslim agar mendonorkan darahnya," katanya.

 

Penyuka olahraga bulutangkis ini mengaku, pihaknya memiliki perhitungan dan tiap hari membutuhkan sekitar 100 kantong darah yang keluar atau dibutuhkan. Artinya tiap minggu pihaknya membutuhkan sekitar 700 sampai 1.000 kantong darah.

 

"Tiap hari yang datang ke markas untuk donor darah sebelum puasa sekitar 60 sampai 80 orang, sekarang puasa jumlahnya hanya setengahnya. Untuk memenuhi kebutuhan stok darah kita melakukan jemput bola atau melakukan donor darah di luar markas," jelasnya.

 

Mantan Direktur RSU Kota Tangsel ini mengaku, selama bulan Ramadan bagi yang beragama muslim tetap boleh melakukan donor darah. Donor darah tentunya dilakukan setelah buka puasa.

 

"Kita juga minta ke masjid agar setelah Tarawih agar jamaah melakukan donor. Stok darah selama puasa aman, meskipun agak berkurang tapi, bisa kita tanggulanggi," tuturnya. (*)

Kategori :

Terpopuler