Layanan Adminduk Digandrungi Warga Kota Tangerang

Senin 05-02-2024,19:21 WIB
Reporter : Abdul Aziz
Editor : Endang Sahroni

TANGERANGEKSPRES.ID - Rangkaian peringatan HUT ke-31 Kota Tangerang selama Februari 2024 terus digelar di setiap kecamatan. Kali ini mulai 5 sampai 7 Februari 2024, giliran Kecamatan Karang Tengah, Ciledug dan Larangan.

Festival gelaran HUT ke-31 Kota Tangerang menghadirkan beragam pelayanan publik dan UMKM yang menjajakan produk-produk lokal serta menghadirkan beragam perlombaan. Terlihat, antusias warga yang mengajukan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) pada stan Disdukcapil.

Camat Karang Tengah, Hendriyanto mengatakan, pihaknya menggelar festival HUT ke-31 Kota Tangerang di pelataran Kantor Kelurahan Pondok Bahar.

Beragam pelayanan publik dihadirkan yang berkolaborasi dengan OPD terkait diantaranya, pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk), pembuatan nomor induk berusaha (NIB) gratis, pelayanan kesehatan gratis, bazar murah dan menghadirkan pelaku UMKM dari 7 kelurahan di wilayah Kecamatan Tangerang Tengah.

Festival ini juga diramaikan beragam perlombaan fashion Show dan lomba menggambar bagi pelajar TK dan SD. Kemudian lomba karaoke dan yel-yel. 

"Peserta lomba harus warga yang ber KTP Kecamatan Karang Tengah dan kita siapkan hadiahnya," kata Hendriyanto, Senin (5/2/2024).

Dia menuturkan, kegiatan ini untuk meningkatkan pendapatan UMKM mulai dari ekonomi industri kecil hingga menengah yang ada di wilayah Kecamatan Karang Tengah. 

"Kita terus kembangkan dan promosikan produk-produk mereka guna mendongkrak perekonomian pelaku UMKM khususnya di wilayah kami," ujarnya.

Selain itu, kata Hendri, masyarakat yang membutuhkan atau belum memiliki administrasi kependudukan seperti KTP-el, Kartu keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA) dan lainnya untuk memanfaatkan pelayanan yang dihadirkan Disdukcapil dalam gelaran festival tersebut.

"Bagi pelaku UMKM yang belum memiliki NIB juga bisa datang kesini, gratis. Waktunya cuma 3 hari," ucapnya.

Dia juga mengimbau, Pemilu yang sebentar lagi dilaksanakan pada 14 Februari 2024, seluruh elemen masyarakat dapat menjaga kondusifitas lingkungannya masing-masing agar pelaksanaan Pemilu  Kota Tangerang dapat berjalan lancar dan damai.

"Kita jaga lingkungan kita masing-masing. Ini tahun politik, beda pilihan boleh itu demokrasi tapi tetap damai dan kondusif," pungkasnya. 

Ketua Umum UMKM Kecamatan Karang Tengah, Yunus Nurul Lazuardi, mengatakan,  festival HUT ke-31 Kota Tangerang yang digelar di Kelurahan Pondok Bahar ini dapat membantu pelaku UMKM menjajakan produk-produknya mulai dari jajanan cemilan hingga handy craft.

“Di Festival ini kami dapat menjajakan produk-produk UMKM dari mulai makanan untuk sarapan, bakery, camilan basah dan kering, minuman segar, serta adapula produk fashion dan craft. Semuanya dibandrol dengan sangat terjangkau dan variatif. Sekaligus kami mengenalkan produk-produk kami," ujarnya.

"Harapan kami kegiatan seperti ini digelar secara rutin khususnya di wilayah Kecamatan Karang Tengah," pungkasnya. (*)

Kategori :