Pendistribusian Logistik Pemilu di Tangerang Selatan Kurang 24 Persen

Senin 05-02-2024,15:30 WIB
Reporter : Tri Budi Sulaksono
Editor : Endang Sahroni

TANGERANGEKSPRES.ID - Komisi pemilihan umum (KPU) Kota Tangsel terus mengebut penyelesaian pendistribusian logistik pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024. Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada 14 Februari dan artinya tinggal 9 hari lagi.

Kesibukan di gudang logistik pemilu di Kawasan Serpong Utara semakin meningkat. Ketua KPU Kota Tangsel Taufik MZ mengatakan, logistik pemilu sudah 76 persen selesai dalam hal pengepakan, pengesetan dan sebagian sudah didistribusian ke PPK.

"Jadi 76 persen logistik pemilu sudah selesai kita pak, sudah kita set dan sebagian sudah didistribusikan ke PPK," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Senin (5/2/2024).

Taufik menambahkan, sisanya (24 persen) sedang dalam proses akhir untuk pengesatan, pengepakan yang untuk kotak suara surat suara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (PPWP). 

"Ini lebih detail, lebih cermat dan lebih banyak jenisnya yang masuk ke kotak suara PPWP. Kan semuanya disitu, form-form apapun ada disitu," tambahnya.

Menurutnya, pihaknya juga  mendorong untuk yang diluar dan saat ini tinggal menunggu salinan DPT, salinan DPTB, cetak C pemberitahuan agar segera dapat diedarkan ke masyarakat.

"Logistik sudah didistribusikan ke PPK tapi, ada yang belum seperti presiden," jelasnya.

Menurutnya, pihaknya memiliki alur waktu (timeline) bahwa H-1 logistik pemilu sudah sampai di TPS, maka pada 11-12 Februari sudah sampai di PPS semua. Sehingga paling telat 10 Februari sudah sampai PPK secara keseluruhan dan pada 13 Februari didistribusiakan ke KPPS.

"Masih ada 5 hari untuk selesaikan yang 24 persen kekurangan ini," terangnya.

"Yang belum selesai ini contoh kotak suara DPD, surat suara DPD sejumlah DPT plus 2 persen masing-masing TPS sudah dalam keadaan tersegel semua didalam satu kotak surat suara, hanya saja ditambahkan nanti C hasil plano dan C rekap," tuturnya.

"Kalau yang di PPWP itu ada formulir keberatan, tinta dan lainnya disitu semua, ini harus cermat dan teliti. Pendistribusian pakai truk dan dikawal oleh pihak kepolisian," tutupnya.

Nantinya, semua logistik pemilu akan disebar ke 3.824 tempat pemungutan suara (TPS) se-Kota Tangsel. (*)

Kategori :