Data Perangkat Desa Dimutakhirkan Guna Optimaliasi Aplikasi SIPADES

Rabu 31-01-2024,10:22 WIB
Reporter : Zakky Adnan
Editor : Sihara Pardede

TANGERANGEKSPRES.ID - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang, sedang melaksanakan pemutakhiran data perangkat desa.

Camat Kemiri Hendarto, melalui Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan dan Pengawasan (Binwas) Desa Kecamatan Kemiri Widi mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka optimalisasi penerapan Sistem Informasi Perangkat Desa (SIPADES).

"Jadi, biodata kepala desa dan perangkat desa akan diinput ke aplikasi SIPADES. Kelanjutannya, kepala desa dan perangkat desa selfi untuk absen datang ataupun pulang ke aplikasi itu," kata Widi, di kantornya, Selasa (30/1/2024).

Dengan demikian, lanjutnya, tujuan penerapan aplikasi SIPADES, guna memonitoring keaktifan kepala desa dan perangkat desa.

"Jadi, kepala desa dan perangkat desa, meliputi 1 sekretaris desa (sekdes), 3 kepala seksi (kasi), 3 kepala urusan (kaur) serta 2 kepala dusun (kadus) melaksanakan tugas apa harus diposting di aplikasi SIPADES," jelasnya.

Menurut Widi, keaktifan kepala desa dan perangkat desa akan mempengaruhi nilai tunjangan kinerja yang diterima kepala desa dan perangkat desa. "Jadi, ini sudah kayak PNS," tambahnya.

Untuk informasi, tunjangan kepala desa Rp2 juta, sekdes Rp1,5 juta, kasi dan kaur Rp850 ribu. Sedangkan, gaji pokok kepala desa Rp4 juta, sekdes Rp3 juta, kasi Rp2,8 juta, kaur Rp2,4 juta, kadus Rp2,4 juta.

"Itu tunjangan dan gaji tahun 2023 lalu. Informasi 2024 ini, tunjangan ada kenaikan," tuturnya.

Widi bersyukur tidak ada kendala dalam pemutakhiran data perangkat desa ke aplikasi SIPADES, meski ada dua desa yang bongkar pasang perangkat desa pasca Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2023 di Kecamatan Kemiri. (*)

Kategori :