Arus Balik Penumpang Bandara Soetta Meningkat 12 Persen dari Tahun 2022

Selasa 02-01-2024,17:06 WIB
Reporter : Abdul Aziz Muslim
Editor : Endang Sahroni

TANGERANGEKSPRES.ID — Pasca liburan Natal dan Tahun baru (Nataru), jumlah penumpang arus balik di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) mengalami peningkatan sebesar 12 persen dari tahun sebelumnya.

PLH Senior Manager Of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno Hatta, Azis Fahmi Harahap mengatakan, jumlah penumpang arus balik libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 mengalami peningkatan sebesar 12 persen dari periode tahun 2022. 

"Jumlah penerbangan pesawat mengalami peningkatan sebesar tujuh persen,"ungkap Azis Fahmi dalam keterangannya, Selasa (2/1/2024).

Azis juga menyebut, arus balik libur nataru pada hari ini mencapai 146.900 ribu penumpang dan 1.078 penerbangan. Menurutnya, penumpang tersebut didominasi dari Bandara Ngurah Rai Denpasar, Juanda Surabaya dan Kualanamu Sumatera Utara untuk penerbangan domestik.

"Kalau untuk penerbangan internasional itu yang paling banyak adalah Singapura, Kuala Lumpur dan Jeda," ujarnya.

Meski ada peningkatan pada jam-jam sibuk, lanjut Azis, dipastikan seluruh kegiatan operasional di Bandara Soekarno Hatta akan berjalan dengan baik dan lancar.

Pihaknya mengimbau, bagi para penumpang yang akan datang di Bandara Soekarno Hatta agar datang lebih awal untuk menghindari keterlambatan ataupun kemacetan selama perjalanan menuju Bandara Soetta.

Direktur Operasi PT Angkasa Pura II Agus Haryadi menyatakan arus balik berlangsung sejak 1 Januari hingga 4 Januari 2024. Jumlah penumpang pada arus balik 1-4 Januari 2024 di Bandara Soetta diperkirakan sekitar 615.000 orang. Agus memastikan kesiapan personel dan fasilitas dalam melayani penumpang pesawat.

“Arus keberangkatan berjalan lancar, dan saat ini fokus kami adalah melayani masyarakat pada arus balik. Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia dan menerima kedatangan penumpang pesawat dari berbagai kota,” pungkas Agus. (*)

Kategori :

Terpopuler