Atasi Banjir Tahun Ini Pemkot Tangerang Selatan Bangun Tiga Tandon Air

Selasa 02-01-2024,16:11 WIB
Reporter : Tri Budi Sulaksono
Editor : Endang Sahroni

TANGERANGEKSPRES.ID - Untuk mengatasi banjir Pemkot Tangsel gencar melakukan berbagai langkah. Salah satunya dengan membangun tandon air.

Saat ini di Kota Tangsel terdapat 18 tandon yang tersebar di 7 kecamatan, seperti Tandon Ciater, Lengkong Karya, Kampung Bulak dan lainnya.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Kontruksi (DSDABMBK) Kota Tangsel Robby Cahyadi mengatakan, tahun ini pihaknya akan membangu tiga tandon kembali.

"Kita akan bangun tiga tandon lagi dan menggunakan lahan yang sudah ada," ujarnya kepada TANGERANGEKSPRES.ID, Selasa (2/1/2024).

Robby menambahkan, nantinya tandon akan ditambah lagi tapi, memanfaatkan lahan yang sudah ada. "Tandon ini manfaatnya sanfat besar, minimal untuk lokal situ, untuk tampungan air, sekaligus tempat untuk ruang warga berinteraksi dan beraktivitas," tambahnya.

Menurutnya, tandon menjadi salah satu alternatif agar bisa mengurangi genangan air. Pihaknya masih akan membangun tandon air di sejumlah titik lain untuk mengatasi banjir di Kota Tangsel. 

Pembanguna tandon untuk antisipasi banjir terutama dimusim penghujan. Selain membangun kolam tandon, Pemkot Tangsel juga akan melebarkan sungai- sungai yang jadi titik utama banjir.

"Pelebaran kali untuk menambah kapasitas tampung sungai saat hujan. Pelebaran kali ini dengan memanfaatkan bantaran sungai, sekaligus meninggikan dengan membuat tanggul," tuturnya.

Robby menuturkan, pelebaran kali merupakan bagian penanganan jangka menengah dalam pencegahan banjir. "Yang tak kalah penting sebetulnya pemeliharaan dari badan air yaitu pengerukan untuk mengangkat sedimen atau sampah yang ada," tutupnya. (*)

Kategori :