grup disway
BJB NOVEMBER 2025

Disway Awards Bagi 520 Brand Terpopuler Indonesia, Dahlan Iskan: Bukan Praktik Jual Beli Penghargaan

Disway Awards Bagi 520 Brand Terpopuler Indonesia, Dahlan Iskan: Bukan Praktik Jual Beli Penghargaan

Dari kiri ke kanan: Direktur Operasional dan Pemberitaan Disway Mashudi berbincang dengan Waka Polri Komjen Pol Dedi Prasetyo, Founder Disway Dahlan Iskan dan Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Haikal Hassan di sela acara Disway Award-Miladi Ahmad Cemol-Tangerang Ekspres

TANGERANGEKSPRES.ID, JAKARTA — Disway Awards Anugrah Brand Populer Indonesia 2025 menyerahkan penghargaan bagi 520 brand terkenal dan paling populer di Indonesia, yang digelar di Ballroom Hotel Sheraton Gandaria City, Jakarta Selatan, Kamis (4/12).

Acara tersebut dihadiri Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid, Ketua DPD RI Sultan Baktiar Najamuddin, Wakapolri Komjen Dedi Prasetyo dan sejumlah perwakilan 520 brand terkenal di Indonesia.

Founder Disway, Dahlan Iskan menegaskan penghargaan murni diberikan berda­sarkan penilaian terhadap perkembangan dan reputasi berbagai merek nasional bukan praktik “jual beli penghargaan” yang sering mencederai dunia jurnalistik dan kredibilitas media. Lembaga Infovesta telah bekerja selama satu tahun untuk memberikan penilaian itu.

”Penilaian ini melalui metode penilaian yang ketat dan terukur, saya yakin lembaga Infovesta akan terus menjaga objektivitas dalam menentukan merek-merek terbaik dan terkenal di Indonesia, bukan praktik jual beli penghargaan,” kata Dahlan.

Dahlan Iskan menambahkan melalui Disway Awards 2025 diharapkan dapat menambah kecintaan masyarakat terhadap produk dalam negeri akan berdampak kuat terhadap valuasi perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Infovesta disebut Dahlan telah beroperasi secara profesional selama 20 tahun tepatnya sejak 2005 dan akam terus berkembang sebagai lembaga penilaian merek yang kredibel di Tanah Air.

“Kami mengucapkan selamat kepada para pemilik brand yang hari ini terpilih dan menerima penghargaan,” ujarnya.

Dalam keterangannya usai menghadiri kegiatan Disway Awards 2025, Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid menegaskan pentingnya penguatan komunikasi branding bagi produk dan perusahaan Indonesia agar mampu bersaing di tingkat nasional hingga global.

“Ini momentum kita bersama. Kita ingin brand lokal naik kelas, lalu menjadi brand global,” kata Meutya.

Menkomdigi juga mendorong masyarakat mengutamakan produk lokal, sekaligus memperkuat kapasitas branding UMKM. Ia berharap UMKM dapat belajar dari brand-brand besar yang telah sukses menembus pasar nasional.

“Kalau me­mungkinkan, para pemenang penghargaan bisa berbagi pengalaman kepada UMKM, difasilitasi penyelenggara (Disway Group). Ini penting agar UMKM juga bisa memperkuat branding mereka,” tambahnya.

Meutya Hafid menegaskan bahwa produk lokal Indonesia memiliki kualitas yang sangat baik.

“Kita harapkan semakin banyak masyarakat yang menghargai dan mencintai produk lokal. Kualitas­nya tidak kalah, dan dukungan publik sangat penting untuk memperkuat perekonomian nasional,” tandasnya.

Ketua DPD-RI Sultan Baktiar Najamuddin menilai Disway Awards 2025 berupa penghargaan bagi ratusan brand terkenal dan paling populer di Indonesia menghadirkan konsep berbeda diban­ding penghargaan-penghargaan lainnya. 

Sumber: