Hero Group Bukukan Laba Bersih Rp 34 Miliar
TANGERANG-PT Hero Supermarket Tbk (Hero Group) menyelenggarakan paparan publik tahunan di IKEA Alam Sutera, mengenai kinerja perseroan (Public Expose) tahun 2018, di Mal IKEA Alam Sutera, Tangerang, Kamis (4/10). Dalam Paparan Publik Tahunan 2018, PT Hero Supermarket Tbk telah merekrut sejumlah eksekutif baru berpengalaman, dan siap memulai Program Perubahan (Change Program) yang komprehensif untuk mengubah dan memperbaiki bisnis makanan sambil terus mengembangkan bisnis non-makanan agar dapat meningkatkan kinerja perseroan secara keseluruhan. Sampai dengan semester I tahun 2018, Hero Group telah memiliki 447 gerai yang sudah menjangkau seluruh wilayah di Indonesia, terdiri dari 31 gerai Hero Supermarket, 59 gerai Giant Ekstra, 99 gerai Giant Ekspres, 257 gerai Guardian, dan 1 gerai IKEA. Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk, Patrik Lindvall mengatakan, perseroan menjalankan strategi yang berbeda-beda untuk setiap format gerai. Misalnya pada bisnis Makanan, Giant meluncurkan program "Harga Teman". Ini sebagai salah satu strategi perusahaan untuk menawarkan harga yang lebih murah untuk pelanggan. "Program ini menawarkan harga terbaik bagi pelanggan, lebih dan 600 produk favorit pelanggan ditawarkan dengan harga lebih murah. Strategi berbeda diterapkan untuk Hero Supermarket, dimana perseroan terus melakukan branding sebagai supermarket premium dengan mengedepankan kualitas produk dan pelayanan yang baik," ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Kamis (4/10). Patrik menambahkan, pada bisnis non-makanan, Guardian fokus pada ekspansi berkelanjutan, tampilan baru, produk eksklusif baru dan mengembangkan supply chain dengan membuka Distribution Center (DC) baru di Surabaya. Sedangkan, untuk IKEA saat ini perseroan sedang melakukan proses pembangunan gerai kedua di Cakung, Jakarta Timur. Hal ini dilakukan mengingat kinerja penjualan IKEA terus menunjukkan momentum positif dan pertumbuhannya didukung oleh peningkatan jumlah kunjungan pelanggan ke toko IKEA Alam Sutera. Hero Group juga melaksanakan beberapa kegiatan tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) di sepanjang semester pertama 2018, sebagai bentuk kontribusi aktif perseroan kepada masyarakat melalui program-program sosial yang berdampak positif pada tahun 2018 ini 189 toko Giant Ekstra, Giant Ekspres, dan Hero Supermarket melaksanakan program Berdaya, Indonesia sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan sebagai sarana untuk memperkuat kerjasama tim di toko. Salah satu program CSR yang dilakukan adalah Pasar Murah Giant untuk mendukung pemerintah dalam menyediakan barang-barang kebutuhan pokok dengan harga yang sangat terjangkau bagi masyarakat yang sudah dilakukan di 9 titik wilayah Jakarta, Bandung, Semarang, Tangerang, dan Tangsel. Selain itu, beberapa tindakan responsif sudah perseroan lakukan terkait dengan kejadian bencana alam, seperti Siaga Gunung Agung Bali, Banjir Pacitan, serta Gempa Bumi Lombok. “Kami berharap kehadiran Hero Group dapat membawa suasana positif bagi masyarakat di seluruh Indonesia,” jelasnya. Sementara itu, Direktur PT Hero Supermarket Tbk. Ilauddin Sopian mengatakan, pada kinerja keuangan semester pertama 2018, bisnis non-makanan dari Guardian dan IKEA menunjukkan pertumbuhan penjualan yang solid dengan peningkatan penjualan yang tumbuh sangat baik sebesar 27 persen menjadi Rp 1.415 Miliar, serta peningkatan efisiensi biaya yang sukses. "Perseroan mencatat laba bersih sebesar Rp 34 Miliar pada semester I 2018, dibandingkan dengan Rp 71 Miliar pada periode yang sama tahun lalu," ujarnya. Ilauddin menambahkan, kinerja bisnis non-makanan yang terus menunjukkan kinerja yang positif, diharapkan dapat mendukung kinerja bisnis makanan yang masih menghadapi tantangan. “Tim manajemen yang baru akan terns mengembangkan program perubahan yang komprehensif untuk meningkatkan kinerja perseroan secara keseluruhan serta terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan,” tutupnya. (bud)
Sumber: