Ruas Jalur Mudik Rusak

Ruas Jalur Mudik Rusak

TANGERANG – Sejumlah ruas jalan yang menjadi jalur mudik di Kota Tangerang terpantau dalam kondisi rusak. Terutama jalan yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Kondisi ini memerlukan perbaikan segera untuk kelancaran dan keselamatan pemudik.

Agus, selaku Kepala Bidang Pemeliharaan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Tangerang menyebutkan, beberapa ruas jalan yang memerlukan perbaikan. Diantaranya jalan jalan nasional berada di Jalan Daan Mogot, Jalan Gatot Subroto, Jalan Merdeka dan Jalan Otista. “Yang memerlukan perbaikan itu Jalan Gatot Subroto,” sebutnya.

Sedangkan jalan provinsi ada empat ruas yaitu di Jalan M. H Thamrin, Jalan Sudirman, Jalan Hos Cokro Aminoto, dan Jalan KH. Hasyim Ashari. “Sebagian itu yang rusak ringan kita lakukan perbaikan sendiri," sebutnya.

Terkait kondisi jalan nasional dan jalan provinsi yang ada di kota Tangerang dalam kondisi rusak, Dinas PU sudah berkoordinasi dengan Pemprov dan Kementerian PU terkait untuk segera diperbaiki.

Sedangkan untuk jalan yang menjadi kewenangan pemkot, diklaim dalam kondisi baik. Sehingga cukup aman dilintasi kendaraan pemudik .

"Secara umum sudah siap dilalui, kita juga sudah melakukan perbaikan di beberapa titik seperti terakhir kemarin kita lakukan di Jalan Adam Malik dan Jalan Imam Bonjol," terang Agus

Sementara itu terkait pengamanan jalur mudik lebaran tahun 2018, pemkot Tangerang melalui Dinas Perhubungan juga akan menerjunkan 290 personil untuk mengamankan jalur mudik.

"Kita juga akan membuat pos pengamanan yang tersebar di 8 titik antara lain di Terminal Poris, Kebun Besar, Simpang Robinson, Pertigaan Gajah Tunggal, Mal Tangerang City, Kebun Nanas, Mall Alam Sutera dan Perempatan Ciledug," terang Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) kota Tangerang, Saeful Rohman.

Terkait kesiapan armada mudik, Dishub telah menyiapkan 495 armada dengan tujuan daerah Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Termasuk juga 100 armada cadangan," jelasnya.

Sementara itu, untuk menjamin keamanan dan kenyamanan warga yang mudik dan melintas di kota Tangerang seperti tahun-tahun sebelumnya, Dishub juga telah melengkapi 36 simpang-simpang di jalan protokol dengan CCTV yang bisa dipantau dari Comand Center yang ada di kantor Dishub.

"Kita juga siapkan mobil derek bila mana ada kendaraan yang mogok," ujarnya. (mg05)

Sumber: