Komunitas Bandara Bentuk Tim Cyber

Komunitas Bandara Bentuk Tim Cyber

TANGERANG- Jajaran Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bersama Komunitas Bandara Soetta (Kombata) menyatakan perang terhadap berita palsu atau hoax. Para pembuat dan penyebar berita atau informasi palsu akan ditindak tegas. Oleh karena itu Polresta Bandara mengadakan kegiatan sosialisasi terkait peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba, serta sosialisasi anti hoax di auditorium Garuda City Center, Kawasan Bandara Soetta, Kota Tangerang, Kamis (15/3).

Kapolresta Bandara Soetta, Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan mengatakan, Polres Bandara bersama Kombata telah membentuk tim cyber untuk menangkal beredarnya informasi palsu atau hoax. "Kami akan melakukan tindakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku terhadap pelaku pembuat dan penyebar hoax," ujar Yusep.

 Dalam penindakan ini, kata Yusep, melalui tahapan-tahapan yang akan dilaksakan untuk mencari tentang penanggung jawab yang menerbitkan atau mengeluarkan berbagai bentuk hoax. Tak hanya itu, fitnah dan ujaran kebencian juga akan ditindak. "Kita akan tindak tegas pihak yang dapat menimbulkan kerugian atau telah mengakibatkan kerugian baik materil maupun perasaan yang tidak menyenangkan terkait peristiwa yang sebenarnya kepalsuan (hoax) dan fitnah ataupun ujaran kebencian," tegasnya.

 Ia juga meminta kepada seluruh pihak untuk melakukan perang dan pencegahan terhadap berita hoax. "Hal ini cukup urgent untuk segera disampaikan ke masyarakat. Kami dari kepolisian tanpa dukungan masyarakat tak akan maksimal memberantas narkoba dan hoax yang kian meresahkan," ucapnya.

 Selain itu, Yusep mengajak seluruh masyarakat di Bandara Soetta tidak mudah terhasut dengan informasi yang kebenarannya masih diragukan. "Kita dari Kombata telah membuat grup komunikasi baik bersifat elektronik maupun manual. Kami juga membentuk team Cyber di Bandara Soetta yang melibatkan semua karyawan dari setiap stakeholder dengan menunjuk admin dan operatornya untuk sharing informasi. Untuk saat ini masih dalam proses pengembangan," papar Yusep.

 Oleh karena itu, Yusep mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk bersama-sama konsisten memerangi narkoba serta berita hoax. Untuk mengantisipasi dan memerangi Narkoba, Yusep menjelaskan saat ini Bandara telah memiliki alat canggih untuk mendeteksi narkoba dan bahan peledak tehadap sasaran yang patut diduga.

 "Angkasa Pura sudah memiliki dan operasionalnya dipegang oleh Aviation Security (Avsec). Sejauh ini terbukti efektif kepada sasaran yang patut diduga, baik berdasarkan informasi, gerak-gerik atau sasaran yang perlu kita lakukan pemeriksaan, karena ini alat tercanggih dan terupdate yang kita miliki," pungkasnya (mg-05)

Sumber: