Shopee Live Cetak Rekor Baru: Transaksi Brand Lokal dan UMKM Meningkat Drastis

Shopee Live Cetak Rekor Baru: Transaksi Brand Lokal dan UMKM Meningkat Drastis

--

JAKARTA,TANGERANGEKSPRES.ID - Komitmen Shopee dalam menudukung pertumbuhan brand lokal dan UMKM tak hanya selogan. Ini terlihat dari kampanye 11.11 Big Sale yang berlangsung pada 14 Oktober hingga 11 November 2024.

Kampanye 11.11 ini sukses mencatatkan peningkatan signifikan dalam penjualan. Terutama melalui platform Shopee Live, dengan hasil lebih dari 7,5 kali lipat peningkatan penjualan produk dari brand lokal dan UMKM dibandingkan hari biasa pada puncak kampanye.

Monica Vionna, Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, mengungkapkan bahwa keberhasilan ini merupakan cerminan meningkatnya minat konsumen terhadap produk lokal.

“Tahun ini kami melihat semakin tingginya minat konsumen untuk berbelanja brand lokal dan UMKM di sepanjang kampanye Shopee 11.11 Big Sale. Hal ini menjadi sumber semangat bagi kami untuk selalu berkolaborasi dan berinovasi untuk mendukung pertumbuhan bisnis lokal, serta memperkuat koneksi antara penjual dan konsumen,” tutur Monica.

Ekspor dan Dukungan ke Kancah Internasional

Shopee juga memperkuat keberhasilan kampanye 11.11 kali ini melalui langkah strategis lewat Program Ekspor Shopee. Program ini telah menjangkau brand lokal dan UMKM di berbagai kota dan kabupaten, termasuk di Kabupaten Cirebon, Pekalongan, dan Mojokerto yang turut mencatatkan peningkatan transaksi ekspor tertinggi di puncak kampanye 11.11 Big Sale tahun ini.

Langkah ini merupakan upaya strategis Shopee untuk membawa pelaku usaha lokal menembus pasar global.

Shopee Live: Andalan Interaktif untuk Penjualan

Shopee Live kembali menjadi salah satu fitur unggulan dalam kampanye 11.11 Big Sale. Fitur ini memungkinkan pembeli untuk berinteraksi langsung dengan penjual, menanyakan detail produk, dan mendapatkan ulasan real-time sebelum membeli.

Efektivitas Shopee Live terbukti dengan peningkatan penjualan yang signifikan. Seperti dialami brand lokal Tenue de Attire. Merek pakaian pria ini, mencatatkan peningkatan transaksi hingga 30 kali lipat selama kampanye untuk berbagai produk kemeja dan atasan.

Lalu, ada brand Tulus Skin. Merek kecantikan lokal ini, juga meraih peningkatan transaksi hingga 11 kali lipat berkat sesi belanja interaktif ini.

Dengan keberhasilan kampanye 11.11 Big Sale, Shopee semakin menegaskan visinya untuk menciptakan ekosistem bisnis lokal yang inklusif, berkelanjutan, dan mampu bersaing di pasar internasional.

“Kami ucapkan terima kasih bagi penjual, pembeli, serta mitra brand atas kepercayaannya pada Shopee,” tutur Monica.

Komitmen Shopee untuk bisnis lokal tidak akan berhenti di kampanye Big Sale 11.11, Monica berjanji akan terus melakukan inovasi dengan teknologi, logistik, dan fitur yang mempermudah interaksi antara penjual dan pembeli. 

Sumber: