Silat Jadi Muatan Lokal Tingkat SMP

Silat Jadi Muatan Lokal Tingkat SMP

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie (kanan) menerima buku mulok untuk SMP dari perwakilan penerbit (dua kanan) saat launching mulok silat untuk jenjang SMP atau MTs. -Tri Budi tangerangekspres.id-

TANGERANGEKSPRES.ID - Dalam momen Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2024, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel melaunching muatan lokal (mulok) pencak silat untuk tingkat sekolah menengah pertama (SMP) atau MTs.

 

Launching mulok pencak silat dilakukan oleh Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie di Auditorium Sekolah Global Islamic School 2 Serpong, Selasa (10/9/2024).

 

Sebelumnya, Dindikbud Kota Tangsel juga telah melaunching mulok untuk jenjang SD pada awal Mei 2024 lalu. Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengucap syukur lantaran silat saat ini masuk menjadi muatan lokal.

 

"Alhamdullillah hari ini cita-cita saya terwujud silat jadi mulok. Cita-cita ini sudah lama dan sejak saya masih wakil wali kota, saya ingin salah satu muloknya adalah silat. Kurikulum sudah jadi dan silat dari mulok," ujarnya saat sambutan, Selasa (10/9/2024).

 

Pria yang biasa disapa Pak Ben ini menambahkan, saat dirinya dulu masih duduk dibangku SD juga belajar silat. "Bukan hanya dilatih silat saja tapi, sebelum latihan silat guru mengumpulkan anak-anak dan lalu diberikan wejangan-wejangan. Setelah latihan silat juga diberi wejangan-wejangan lagi," tambahnya.

 

"Jadi ilmu yang tadi dipelajari bukan untuk gagah-gagahan atau untuk berantem namun, untuk menjada diri, menjaga keluarga, harus tambah rajin ibadah, tambah sayang kepada teman-teman baik," ungkapnya.

 

Menurutnya, berbicara silat bukan hanya soal gerakan atau beladiri tapi, bagaimana membangun karakter. Bukan hanya gerakannya saja yang memang terlihat demikian tapi, yang dibangun juga hati dan otak kita.

 

Sumber: